PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SMAN 2 KOTA BENGKULU (Penelitian tindakan kelas pada materi Usaha dan Energi di kelas X MIPA E)

Sintya, Wage Klaudhi and Purwanto, Andik and Indra, Sakti Lubis (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SMAN 2 KOTA BENGKULU (Penelitian tindakan kelas pada materi Usaha dan Energi di kelas X MIPA E). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Telah dilakukan penelitian tindakan kelas di kelas X MIPA E SMAN 2 Kota Bengkulu, yang bertujuan untuk mengukur peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan aktivitas belajar siswa yang dilakukan dalam tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA E yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 22,5 pada kategori cukup, siklus II sebesar 25 pada kategori cukup dan siklus III sebesar 27 pada kategori baik. Kemampuan berpikir kreatif siswa pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 50% (tuntas), meningkat pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar sebesar 93,33% (tuntas), dan meningkat pada siklus III diperoleh ketuntasan belajar sebesar 100% (tuntas). Nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada siklus I diperoleh sebesar 72,17, pada siklus II sebesar 82,33, siklus III sebesar 88,83 pada predikat kreatif sampai sangat kreatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan aktivitas belajar siswa di kelas X MIPA E SMAN 2 Kota Bengkulu. Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Kemampuan berpikir kreatif, , Aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 01 Aug 2023 03:05
Last Modified: 01 Aug 2023 03:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14090

Actions (login required)

View Item View Item