RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING KELEMBABAN TANAH DAN SUHU UDARA BERBASIS GSM SIM900A DAN ARDUINO UNO (Research and Development)

Sintia, Wulantika and Hamdani, Dedy and Eko, Risdianto (2018) RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING KELEMBABAN TANAH DAN SUHU UDARA BERBASIS GSM SIM900A DAN ARDUINO UNO (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat alat monitoring kelembaban tanah dan suhu udara pada tanaman berbasis GSM SIM900A dan Arduino Uno, serta mengukur kelembaban tanah dan suhu udara pada tanaman. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Adapun tahap pengembangannya meliputi perencanaan, produksi, dan evaluasi. Sistem monitoring kelembaban tanah dan suhu tersusun atas komponen-komponen elektronika, yaitu Arduino Uno sebagai pengendali sistem dari semua rangkaian, sensor DHT11 untuk mengukur suhu udara, GSM SIM900A untuk mengirimkan SMS kepada pemilik tanaman, dan soil moisture sensor untuk mengukur kelembaban tanah, dengan cara manancapkan probe pada tanah. Jika nilai yang dihasilkan sensor kecil berarti tanah dalam keadaan lembab, dan sebaliknya. Selanjutnya, dilakukan pengujian alat secara keseluruhan untuk mengetahui apakah alat berjalan sesuai dengan tujuan. Maka dengan demikian, sistem monitoring kelembaban tanah dan suhu udara berbasis GSM SIM900A dan Arduino Uno dapat mendeteksi kelembaban tanah dan suhu udara kemudian sms gateway bekerja secara otomatis untuk mengirimkan SMS kepada pemilik tanaman. Kata kunci: Sensor DHT11, sensor Soil Moisture, Arduino Uno, dan GSM SIM900A

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:09
Last Modified: 01 Aug 2023 08:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14103

Actions (login required)

View Item View Item