PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR DI KELAS XI MIPA SMAN 3 BENGKULU TENGAH (Experiment Research)

Ratnasari, Yeni and Swistoro, Eko and Dedy, Hamdani (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR DI KELAS XI MIPA SMAN 3 BENGKULU TENGAH (Experiment Research). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model problem solving fisika terhadap kemampuan berfikir kritis dan menentukan pengaruh model problem solving fisika terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI MIPA di SMAN 3 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah Experiment Research dengan desain one group pretest posttest design untuk mengukur kemampuan berfikir kritis dan desain non-equivalent control group design untuk prestasi melajar. Sampel penelitian yang diambil menggunakan teknik purpossive sampling yang sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitas diperoleh kelas XI MIPA 2 berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 berjumlah 31 orang siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk kemampuan berfikir kritis dan prestasi belajar. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t dua sampel independen menunjukan bahwa 1) terdapat pengaruh pembelajaran dengan model problem solving fisika terhadap prestasi belajar, dimana thitung>ttabel (2,61>2,00) pada taraf signifikansi 5%. 2) terdapat pengaruh pembelajaran dengan model problem solving fisika terhadap kemampuan berfikir kritis untuk kelas eksperimen yang diukur dengan cara menghitung selisih antara nilai rata-rata posttest dan nilai rata-rata pretest. Nilai rata-rata pretest sebesar 32,24, nilai rata-rata posttest sebesar 79,8 dan selisih antara nilai rata-rata pretest dan posttest sebesar 47,6 dengan kategori kritis. Kata Kunci: Model Problem Solving Fisika, Kemampuan Berfikir Kritis, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:38
Last Modified: 01 Aug 2023 08:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14104

Actions (login required)

View Item View Item