PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI KONFLIKKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR DANKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI KELAS X SMAN 1 MUKOMUKO (quasy eksperimental design)

Rolanda, Yola and Rohadi, Nyoman and Dedi, Hamdani (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI KONFLIKKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR DANKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI KELAS X SMAN 1 MUKOMUKO (quasy eksperimental design). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
proposal penelitian yola.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Yola Rolanda, 2018.”Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Mukomuko”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan strategi konflik kognitif terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPA di SMA Negeri 1 Mukomuko yang berjumlah empat kelas. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purpossive sampling sehingga diperoleh kelas X IPA 1 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan data penelitian menggunakan tes hasil belajar kognitif berupa soal uraian (4 butir) dan tes kemampuan berpikir kritis berupa soal uraian (5 indikator) pada konsep Momentum dan Impuls. Analisis data menggunakan uji-t dua sampel independen, diperoleh skor rata-rata posttest kelas eksperimen berbeda signifikan dengan skor rata-rata posttest kelas kontrol dengan thitung = 2,087501 > ttabel = 1,99773 pada taraf signifikan 0,05, dengan skor rata-rata posttest kelas eksperimen lebih besar daripada skor rata-rata posttest kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji-t paired data sebelum pembelajaran dan sesudah pembelajaran diperoleh thitung = 2,036933334 > ttabel = 1,116090326 pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan strategi konflik kognitif terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis. Kata kunci : model pembelajaran berbasis masalah, strategi konflik kognitif, hasil belajar, KBK

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:38
Last Modified: 01 Aug 2023 08:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14105

Actions (login required)

View Item View Item