PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMAN 5 Kaur)

Endi, Yufri and Sakti, Indra and Desy, Hanisa Putri (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMAN 5 Kaur). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI YUFRI ENDI (A1E014004).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Yufri Endi, 2018. Perbedaan Hasil Belajar Fisika Siswa Yang Diajarkan Melalui Model Discovery Learning Dengan Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika yang diajarkan melalui model discovery learning, hasil belajar fisika yang diajarkan melalui model problem based learning dan perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang diajarkan melalui model discovery learning dengan siswa yang diajarkan melalui model problem based learning di SMAN 5 Kaur. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment. Sampel penelitian yang diambil menggunakan teknik total sampling yang sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitas diperoleh kelas X MIPA1 sebagai kelas eksperimen 1 dan X MIPA2 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar penilaian psikomotorik untuk hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 5 kaur, model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 5 kaur dan berdasarkan hasil analisis data menggunakan Uji-T dua sampel independen menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar dengan model discovery learning dan problem based learning. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata hasil belajar yaitu thitung > ttabel (2,65 > 1,66). Kata kunci : Discovery learning, Problem Based Learning, Hasil Belajar Fisika

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:38
Last Modified: 01 Aug 2023 08:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14106

Actions (login required)

View Item View Item