PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERDASARKAN HASIL STUDI EKOSISTEM MANGROVE DI KAWASAN TAMAN WISATA ALAM PANTAI PANJANG BENGKULU PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA

Saputra, AR.Acep Pebri Nurroma Ade and Kasrina, Kasrina and Irdam, Idrus (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERDASARKAN HASIL STUDI EKOSISTEM MANGROVE DI KAWASAN TAMAN WISATA ALAM PANTAI PANJANG BENGKULU PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI AR ACEP PEBRI NURROMA ADE SAPUTRA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERDASARKAN HASIL STUDI EKOSISTEM MANGROVE DI KAWASAN TAMAN WISATA ALAM PANTAI PANJANG BENGKULU PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA Penelitian ini bertujuan untuk 1).Untuk mendeskripsikan faktor abiotik dan biotik pada ekosistem mangrove yang terdapat ditaman wisata alam pantai panjang Bengkulu. 2). Untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) materi ekosistem berdasarkan hasil observasi ekosistem mangrove dikawasan TWA pantai panjang Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan(Research and development). Langkah-langkah penelitian yaitu, 1. Potensi dan Masalah; 2. Pengumpulan Data; 3. Desain Produk; 4. Validasi Desain; 5. Revisi Desain; 6. Uji Coba Produk; dan 7. Revisi Produk. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan faktor abiotik pada spesies mangrove Rhizophora apiculata yaitu dengan intensitas cahaya=230 Cd, pH tanah=5,0-6,0, suhuudara 30,50C, Sonneratia alba intensitas cahaya=230 Cd., pH tanah=6,5, suhu udara30,50C, Bruguiera cylindrical intensitascahaya= 230 Cd, pH tanah= 6,5, suhu udara= 33,50C Achantus ebreateatus, intensitas cahaya=235Cd, pH tanah= 5,5-6,0, suhu udara= 33,5. 0C. ditemukan juga faktor biotik yaitu berupa hewan salamander, kepiting, klomang, serangga. Hasil studi ini kemudian dikembangkan menjadi bahan ajar berupa LKPD yang divalidasi oleh 3 validator menunjukan persentase 84% dengan kriteria sangat valid. LKPD tersebut juga diuji keterbacaan oleh 30 orang peserta didik. Hasil keterbacaan menunjukan persentase 92%dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan persentase hasil validasi oleh ahli dan uji keterbacaan dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat valid dan sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar disekolah pada materi ekosistem kelas X SMA. Kata Kunci: LKPD,ekosistem Mangrove, Ekosistem.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:40
Last Modified: 01 Aug 2023 08:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14110

Actions (login required)

View Item View Item