PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERDASARKAN EKSPOLARASI TUMBUHAN OBAT DI SUKU PEKAL KECAMATAN PUTRI HIJAU KABUPATEN BENGKULU PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA TENERA

Amin, Suraedi and Idrus, Irdam and Kasrina, Kasrina (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERDASARKAN EKSPOLARASI TUMBUHAN OBAT DI SUKU PEKAL KECAMATAN PUTRI HIJAU KABUPATEN BENGKULU PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA TENERA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Alrevi Oktavia Br. Sitorus.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model siklus belajar 5E di kelas VIIIF SMPN 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research dengan metode deskriptif yang menggunakan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahapan antara lain: perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation) dan refleksi (reflection). Subjek dalam penelitian ini adalah guru IPA-biologi dan siswa kelas VIIIF SMPN 2 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes. Lembar observasi digunakan untuk menggambarkan aktivitas guru dan siswa, sedangkan lembar tes digunakan untuk menggambarkan hasil belajar siswa. Hasil analisa data observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor sebesar 27 dengan kriteria baik, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 30 dengan kriteria baik. Sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor sebesar 25,5 dengan kriteria cukup, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 29,5 dengan kriteria baik. Hasil analisa data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 2,95 dengan kriteria tuntas, kemudian meningkat pada siklus II sebesar 3,23 dengan kriteria tuntas. Sedangkan pada persentase ketuntasan belajar klasikal menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 87% dengan kriteria tuntas, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 93,9% dengan kriteria tuntas. Dari hasil analisa data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran siklus belajar 5E dapat meningkatkan hasil belajar IPA-biologi siswa kelas VIIIF SMPN 2 Kota Bengkulu. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, siklus belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:12
Last Modified: 01 Aug 2023 08:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14112

Actions (login required)

View Item View Item