PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PADA MATERI VERTEBRATA KELAS X BERDASARKAN INVENTARISASI IKAN LAUT DI PROVINSI BENGKULU

Fajri, Aziza and Rahman, Abdul and Ariefa, P yani (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PADA MATERI VERTEBRATA KELAS X BERDASARKAN INVENTARISASI IKAN LAUT DI PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI AZIZA New.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PADA MATERI VERTEBRATA KELAS X BERDASARKAN INVENTARISASI IKAN LAUT DI PROVINSI BENGKULU Provinsi Bengkulu dengan 14.929,54 km2 perairan laut dan 525 km garis pantai diduga akan berhubungan dengan keragaman ikan laut yang tinggi. Penelitian ini bertujuan menginventarisasi jenis-jenis ikan laut perairan dangkal Provinsi Bengkulu, untuk kemudian diaplikasikan dalam pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) materi vertebrata. Lokasi pengambilan sampel ikan laut penelitian ini adalah di kawasan Pantai Zakat dan Pulau Baii kota Bengkulu, dan Desa Lubuk Tanjung Bengkulu Utara. Sedangkan lokasi uji coba keterbacaan LKPD di lakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 09 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 37 spesies (27 famili) ikan laut yang terdapat di Provinsi Bengkulu. Famili dengan keragaman terbesar adalah Carangidae dan Clupeidae. Hasil validasi terhadap LKPD yang disusun memperoleh nilai aspek materi 89% dan aspek kebahasaan 91% (kategori sangat layak) oleh para validator. Desain LKPD ini juga dikatakan layak (nilai 96%) dalam uji keterbacaan oleh 27 orang peserta didik di SMAN 09 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil tersebut dinyatakan bahwa desain LKPD yang disusun layak digunakan sebagai bahan ajar materi vertebrata kelas X tingkat SMA. Kata Kunci : Pengembangan LKPD, inventarisasi, ikan laut.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:40
Last Modified: 01 Aug 2023 08:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14118

Actions (login required)

View Item View Item