Carroline, Desty and Idrus, Irdam and Yennita, Yennita (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA-BIOLOGI KELAS VII.1 SMPN 8 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Skripsi Destyy.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar peserta didik dan meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dikelas VII.1 SMPN 8 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi . Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas VII.1 SMPN 8 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil analisis data observasi aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata 27 (Baik), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 29 (Baik). Untuk hasil analisis data observasi aktivitas peserta didik juga mengalami peningkatan dari siklus I diperoleh rata-rata 27 (Baik) meningkat menjadi 29 (Baik). Sedangkan untuk presentase ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh meningkat dari 65,38% (Belum tuntas) dengan rata-rata 63,15 pada siklus II menjadi 76,92% (Tuntas) dengan rata-rata nilai 75,69. Disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan hasil belajar IPA kelas VII.1 SMPN 8 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Aktivitas, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 08:40 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 08:40 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14127 |
Actions (login required)
View Item |