PENGARUH FRAUD TRIANGLE TERHADAP KEMUNGKINAN KECURANGAN PELAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Non Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Mawarni, Suci and Husaini, Husaini (2016) PENGARUH FRAUD TRIANGLE TERHADAP KEMUNGKINAN KECURANGAN PELAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Non Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (thesis)
SUCI FIX.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh fraud triangle terhadap kemungkinan kecurangan pelaporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan metode purposive sampling diperoleh 138 perusahaan sebagai sampel penelitian dari tahun 2010-2014. Sampel dalam penelitian ini dikategorikan menjadi 2 kategori dengan menggunakan model Beneish M-Score yaitu perusahaan yang kemungkinan melakukan kecurangan dan perusahaan yang kemungkinanan tidak melakukan kecurangan. Jumlah observasi adalah 690 pengamatan, terdiri dari 269 pengamatan sampel perusahaan yang melakukan kemungkinan kecurangan pelaporan keuangan dan 421 pengamatan sampel perusahaan yang kemungkinan tidak melakukan kecurangan pelaporan keuangan . Alat analisis yang digunakan adalah regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa financial stability dan ineffective monitoring berpengaruh positif terhadap kemungkinan kecurangan pelaporan keuangan. Namun, financial target, nature of industry, audit change dan audit report tidak berpengaruh terhadap kemungkinan kecurangan pelaporan keuangan. Kata Kunci: Kecurangan Pelaporan Keuangan, Fraud Triangle, Tekanan, Kesempatan, dan Rasionalisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 07 Nov 2017 08:10
Last Modified: 07 Nov 2017 08:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14140

Actions (login required)

View Item View Item