ANALISIS KESIAPAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MENERAPKAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 64 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH BERBASIS AKRUAL PADA PEMERINTAH DAERAH

Sulaiman, Sulaiman and Abdullah, Abdullah (2016) ANALISIS KESIAPAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MENERAPKAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 64 TAHUN 2013 TENTANG PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH BERBASIS AKRUAL PADA PEMERINTAH DAERAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Audio (thesis)
Skripsi Sulaiman C1C012065 Akuntansi.pdf - Additional Metadata
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris apakah sumber daya manusia, infrastruktur, teknologi informasi, komitmen organisasi, dan kebijakan akuntansi berpengaruh terhadap kesiapan penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan berbasis akrual. Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai yang ada disub bagian keuangan, bidang aset, bidang perbendaharaan dan akuntansi, dan bidang anggaran DPPKA Kota Bengkulu. Responden dalam penelitian ini berjumlah 32 orang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber daya manusia, infrastruktur, teknologi informasi, dan komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap kesiapan penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan berbasis akrual. Sedangkan kebijakan akuntansi tidak berpengaruh terhadap kesiapan penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan berbasis akrual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman akuntansi yang dimiliki setiap pegawai saja tidak cukup dalam proses penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan berbasis akrual. Kata kunci : Kesiapan Penerapan SAP, Sumber Daya Manusia, Infrastruktur, Teknologi Informasi, Komitmen Organisasi, dan Kebijakan Akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 07 Nov 2017 08:14
Last Modified: 07 Nov 2017 08:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14141

Actions (login required)

View Item View Item