PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X IPA3 SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Arrosid, Muhammad Reza and Yennita, Yennita and Bhakti, Karyadi (2018) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X IPA3 SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi M.Reza Arrosid.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Abstrak PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X IPA3 SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran serta untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui penerapan model kooperatif tipe think pair share (TPS). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdirir dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi yang digunakan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, serta lembar tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil analisis data observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata 24,5 (baik) dan siklus II meningkat menjadi 27 (baik). Untuk hasil analisis data observasi aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I diperoleh skor 24,5 (baik), meningkat menjadi 27 (baik). Peningkatan aktivitas guru dan aktivitas siswa diikuti pula oleh peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh persentase klasikal 56,43% dengan kriteria cukup kritis, meningkat disiklus II menjadi 72,50% dengan kriteria kritis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa.di kelas X IPA3 SMAN 1 Kota Bengkulu. Kata kunci: Model Kooperatif, Think Pair Share, Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:15
Last Modified: 03 Aug 2023 02:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14150

Actions (login required)

View Item View Item