PENGARUH PROFITABILITAS DAN SET KESEMPATAN INVESTASI TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN DENGAN LIKUIDITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Andre Stepanus, Victor and P Midiastuti, Pratana (2016) PENGARUH PROFITABILITAS DAN SET KESEMPATAN INVESTASI TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN DENGAN LIKUIDITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (thesis)
skripsi.pdf - Additional Metadata
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh profitabilitas terhadap kebijakan dividen (2) pengaruh set kesempatan investasi terhadap kebijakan dividen (3) likuiditas memengaruhi hubungan antara profitabilitas dan kebijakan dividen (4) likuiditas memengaruhi hubungan antara set kesempatan investasi dan kebijakan dividen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang melibatkan penggunaan analisis statistik pada data sekunder. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dari perusahaan non keuangan yang terdaftar di BEI dan membagikan dividen dari tahun 2011-2013. Berdasarkan kriteria penelitian diperoleh 83 perusahaan dengan 332 observasi. Data penelitian diolah dengan menggunakan software SPSS versi 18.0. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas dan set kesempatan investasi tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen tunai yang dibayarkan oleh perusahaan. Selanjutnya, melalui uji yang dilakukan dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa likuiditas mampu mempengaruhi hubungan antara profitabilitas dan kebijakan dividen, dan juga antara set kesempatan investasi dan kebijakan dividen. Kata kunci : Profitabilitas, Set Kesempatan Investasi, Likuiditas, dan Kebijakan Dividen.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 07 Nov 2017 08:44
Last Modified: 07 Nov 2017 08:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14154

Actions (login required)

View Item View Item