IMPLEMENTASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIKBERDASARKAN EKSPLORASI TANAMAN OBAT SUKU PEKALPADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU

Listari, Monica Descika and Yani, Ariefa P and Yennita, Yennita (2018) IMPLEMENTASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIKBERDASARKAN EKSPLORASI TANAMAN OBAT SUKU PEKALPADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi lembar kerja peserta didik berdasarkan eksplorasi tanaman obat Suku Pekal terhadap hasil belajar materi keanekaragaman hayati peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu pada kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan design the nonequivalent control group design dan teknik pengambilan sampel convenience sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes obyektif pilihan ganda sebanyak 15 soal. Soal pilihan ganda sudah diuji validitas dan reliabilitas. Nilai rata-rata hasilpretest kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu 46 dan 49, sedangkan nilai rata-rata hasil posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu 75 dan 84. Dari nilai rata-rata tersebut diketahui bahwa hasilpretest kedua kelas tidak berbeda nyata, sedangkan hasil posttest kedua kelas berbeda nyata. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi LKPD berdasarkan eksplorasi tanaman obat Suku Pekal berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar biologi peserta didik pada konsep Keanekaragaman Hayati. Kata Kunci :Lembar Kerja Peserta Didik(LKPD), Keanekaragaman Hayati, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:15
Last Modified: 03 Aug 2023 02:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14155

Actions (login required)

View Item View Item