PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR DENGAN BANTUAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS VIII7 SMPN 04 KOTA BENGKULU

Sari, Novi Puspita and Yennita, Yennita and Sri, Irawati (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR DENGAN BANTUAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS VIII7 SMPN 04 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI NOVI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar peserta didik, kemampuan membuat mind mapping dan hasil belajar kognitif dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terstruktur dengan bantuan teknik mind mapping di kelas VIII7 SMPN 04 Kota Bengkulu pada materi sistem ekskresi manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri atas 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas VIII7 SMPN 04 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari 35 peserta didik. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terstruktur, teknik mind mapping, aktivitas mengajar guru dan belajar peserta didik serta hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, penilaian mind mapping dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar penilaian mind mapping dan lembar tes. Hasil penelitian dari analisa data observasi guru siklus I diperoleh skor rata-rata 26 (baik), siklus II menjadi 30 (baik). Hasil analisis data observasi peserta didik siklus I diperoleh skor rata-rata 24 (baik), siklus II menjadi 30 (baik). Hasil analisis data penilaian kemamppuan membuat mind mapping siklus I diperoleh persentase nilai 65% (baik), siklus II menjadi 80% (baik). Kemudian hasil belajar ranah kognitif siklus I mendapatkan persentase 65,71%, siklus II menjadi 85,71%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri terstruktur dengan bantuan teknik mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII7 SMPN 04 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Inkuiri Terstruktur, Mind Mapping, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:16
Last Modified: 03 Aug 2023 02:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14158

Actions (login required)

View Item View Item