PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP RETURN SAHAM (Perusahaan Real Estate dan Property Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013)

Nababan, Yelvi (2016) PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP RETURN SAHAM (Perusahaan Real Estate dan Property Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Audio (thesis)
YELVI OK SKRIPSI.pdf - Additional Metadata
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intellectual capital terhadap return saham dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah komponen intellectual capital yang terdiri dari human capital, structural capital, dan capital employed. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah return saham, sedangkan kinerja keuangan yang digunakan sebagai variabel intervening diukur dengan return on assets. Sampel penelitian adalah perusahaan real estate dan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2011-2013. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria tersebut maka sebanyak 12 perusahaan terpilih sebagai sampel dalam penelitian ini. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS 16.0. Hasil dari penelitian ini adalah (1) komponen intellectual capital yang berpengaruh positif terhadap ROA adalah VAHU (2) komponen intellectual capital yang berpengaruh terhadap return saham adalah VAHU, sedangakn ROA tidak berpengaruh terhadap return saham (3) komponen intellectual capital yang berpengaruh terhadap return saham melalui ROA adalah VAHU. Kata kunci: value added capital employed (VACA), value added human capital (VAHU), structural capital value added (STVA), Return Saham, Return on assets (ROA).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 07 Nov 2017 08:52
Last Modified: 07 Nov 2017 08:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14158

Actions (login required)

View Item View Item