UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENALAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI BERBASIS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) KELAS VIII 3 SMPN 1 KOTA BENGKULU

Hindami, Rizka and Irawati, Sri and Irdam, Idrus (2018) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENALAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI BERBASIS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) KELAS VIII 3 SMPN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENALAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI BERBASIS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) KELAS VIII 3 SMPN 1 KOTA BENGKULU Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas pesert didik, dan keterampilan menalar dengan Model Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem ekskresi peserta didik kelas VIII 3 SMPN 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas VIII 3 SMPN 1 Kota Bengkulu. Variabel penelitian ini adalah model Problem Based Learning (PBL), aktivitas guru, aktivitas peserta didik, dan keterampilan menalar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik dan lembar tes. Hasil analisis data aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata yaitu 28 (Baik), dan pada siklus II skor aktivitas guru menjadi 31,5 (Baik). Hasil analisis data aktivitas peserta didik pada siklus I diperoleh skor rata-rata 28,5 (Baik), dan pada siklus II skor aktivitas peserta didik menjadi 32 (Baik). Selanjutnya hasil analisis data keterampilan menalar peserta didik pada siklus I yaitu 3,25 (Baik) dan berdasarkan hasil analisis keterampilan menalar peserta didik pada siklus II mengalami peningkatan dengan rerata yaitu 3,52 (Sangat Baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas peserta didik serta keterampilan menalar peserta didik kelas VIII 3 SMPN 1 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Problem Based Learning, Aktivitas, Menalar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:17
Last Modified: 03 Aug 2023 02:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14180

Actions (login required)

View Item View Item