PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA PESERTA DIDIK KELAS VIII6 SMPN 04 KOTA BENGKULU

Dewi, Yeri Yunita Melani and Irawati, Sri and Irdam, Idrus (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA PESERTA DIDIK KELAS VIII6 SMPN 04 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
FULL SKRIPSI TO DAFTAR.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Peserta Didik Kelas VIII6 SMP 04 Kota Bengkulu Yeri Yunita Melani Dewi A1D014012 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model discovery learning dan sikap ilmiah peserta didik di kelas VIII6 SMPN 04 Kota Bengkulu pada materi sistem pernapasan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan observasi (pengamatan) dan terakhir refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas VIII6 SMPN 04 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari 36 orang peserta didik. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learningdan sikap ilmiah peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan lembar angket dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar angket. Hasil analisis data aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata yaitu 23 (baik), dan pada siklus II skor rata-rata aktivitas guru menjadi 29 (baik). Selanjutnya data sikap ilmiah peserta didik pada siklus I diperoleh skor rata-rata 20,63 (kurang) dan pada siklus II sikap ilmiah peserta didik mengalam peningkatan skor rata-rata yaitu 28,58 (cukup). Dari hasil peneitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan sikap ilmiah peserta didik kelas VIII6 SMPN 04 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Discovery Learning, Sikap Ilmiah, Sistem Pernapasan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:16
Last Modified: 03 Aug 2023 02:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14186

Actions (login required)

View Item View Item