PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CROCODILE PHYSICS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMAN 1 BENGKULU TENGAH (Quasi Experiment Research)

Juliani, Hesti and Iwan, Setiawan (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CROCODILE PHYSICS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMAN 1 BENGKULU TENGAH (Quasi Experiment Research). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI HESTI J FIX CD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media crocodile physics terhadap penguasaan konsep fisika materi usaha dan energi di SMAN 1 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experiment. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling yang sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitasnya sehingga ditetapkan siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas uji coba (eksperimen) dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan populasi dan sampel serta tes untuk tingkat penguasaan konsep fisika. Analisis data diuji menggunakan analisis korelasi product moment. Uji prasyarat analisis data berupa uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan analisa data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif yang besar dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Crocodile Physics terhadap penguasaan konsep fisika materi usaha dan energi Di SMAN 1 Bengkulu Tengah. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t dimana nilai t hitung lebih besar dari t tabel (7,77 > 1,99 untuk ) dan (7,77 > 1,66 untuk ) serta uji effec size sebesar 1,94 yang masuk dalam kriteria besar. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Crocodile Physics memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan penguasaan konsep fisika siswa. Kata kunci : Besar pengaruh, penguasaan konsep, problem based learning, crocodile physics

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:46
Last Modified: 23 Aug 2023 07:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14187

Actions (login required)

View Item View Item