ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMBENTUK PERILAKU KONSUMEN MENGAMBIL KEPUTUSAN PEMBELIAN TANAMAN HIAS SRI REJEKI (AGLAONEMA) DI KOTA BENGKULU

Sulistiah, Muslimah Hasibuan and Melli, Suryanty and Nyayu, Neti Arianti (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMBENTUK PERILAKU KONSUMEN MENGAMBIL KEPUTUSAN PEMBELIAN TANAMAN HIAS SRI REJEKI (AGLAONEMA) DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI SULISTIAH MUSLIMAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Aglaonema adalah tanaman yang berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari 2 kata yaitu Aglaos dan Nema. Aglaos berarti terang sedangkan nema berarti benang, maka dari kata tersebut tanaman Aglaonema adalah tanaman pembawa “energi terang”. Sedangkan untuk di Indonesia sendiri tanaman hias Sri Rejeki (Aglaonema) dikenal dengan sebutan Sri Rejeki. Tanaman hias Sri Rejeki (Aglaonema) ini menjadi idola masyarakat Indonesia adalah karena memiliki daun yang indah serta memiliki campuran warna yang indah, seperti merah dan hijau, hijau dan merah muda dan lain-lain. Hal inilah yang menyebabkan banyak bermunculan pedangan tanaman hias Sri Rejeki (Aglaonema) di berbagai daerah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis perilaku konsumen tanaman hias Sri Rejeki (Aglaonema) Kota Bengkulu mengambil keputusan pembelian tanaman tersebut, Menemukenali dan menganalisis faktor-faktor yang membentuk perilaku konsumen tanaman hias Sri Rejeki (Aglaonema) mengambil keputusan pembelian tanaman tersebut. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara purposive sampling sedangkan pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah 100 orang konsumen yang sedang membeli tanaman hias Sri Rejeki (Aglaonema). Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis statistik deskriptif dan analisis faktor. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (a) Perilaku konsumen tanaman hias Sri rejeki (Aglaonema) Kota Bengkulu mengambil keputusan pembelian terdapat beragam antara lain adalah : pembelian tanaman hias Sri Rejeki (Aglaonema) berdasarkan warna yang menarik, dipengaruhi oleh anggota keluarga, konsumen juga membeli dikarenakan dipengaruhi oleh harga tanaman hias Sri Rejeki (Aglaonema), serta perilaku konsumen dalam membeli tanaman hias Sri Rejeki (Aglaonema) karena sebagai bisnis dan (b) terdapat 2 faktor pembentuk perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian tanaman hias Sri Rejeki (Aglaonema) di Kota Bengkulu yaitu faktor pribadi dan faktor psikologis. Adapun variabel asal dari kedua variabel tersebut antara lain : frekuensi pembelian, budaya kebiasaan membeli, motivasi pembelian, pengaruh anggota keluarga, hobi, kesesuaian harga serta perasaan semangat bila membeli tanaman hias Sri Rejeki (Aglaonema)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:57
Last Modified: 03 Aug 2023 02:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14189

Actions (login required)

View Item View Item