HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH KELAS VII SMP NEGERI 03 MUKOMUKO (STUDI KORELASI PADA SISWA KELAS VII SMPN 03 MUKOMUKO)

Herlinda, Deska and Wasidi, Wasidi and Illawaty, Sulian (2018) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH KELAS VII SMP NEGERI 03 MUKOMUKO (STUDI KORELASI PADA SISWA KELAS VII SMPN 03 MUKOMUKO). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungankecerdasan emosi dengan kemampuan siswa dalam bersosialisasi di lingkungan sekolah kelas VII SMP NEGERI 03 Mukomuko. Sampel penelitian berjumlah 99 orang siswa yang diambil dengan teknik clusters random sampling dari seluruh kelas VII. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner kecerdasan emosi dan bersosialisasi. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan emosi yang dimiliki siswa termasuk ke dalam kategori sedang dengan presentase 60% dan bersosialisasi yang dimiliki juga termasuk ke dalam kategori sedang dengan presentase 50%. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan kemampuan bersosialisasi dengan rxy sebesar 0,426. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: kecerdasan emosi, kemampuan bersosialisasi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 03 Aug 2023 08:45
Last Modified: 03 Aug 2023 08:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14200

Actions (login required)

View Item View Item