DESKRIPSI PENINGKATAN KARAKTER SISWA PASCA DILAKUKAN PENDIDIKAN KARAKTER OLEH GURU BIDANG STUDI DI SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Jundi, Iqbal Al and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Arsyadani, Mishbahuddin (2017) DESKRIPSI PENINGKATAN KARAKTER SISWA PASCA DILAKUKAN PENDIDIKAN KARAKTER OLEH GURU BIDANG STUDI DI SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi IQBAL AL JUNDI A1L013053.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian inimendeskripsikan peningkatan karakter siswa setelah dilakukan pendidikan karakter oleh guru bidang studi di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dan siswi kelas VII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu sebanyak 311 orang baik sebelum mendapatkan pendidikan karakter maupun setelah mendapatkan pendidikan karakter yang diberikan oleh oleh Guru Bidang Studi diambil menggunakan teknik total sampling. Penelitian ini menggunakan pedoman penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis dokumen dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa nilai rata�rata kejujuran siswa setelah dilakukan pendidikan karakter sebesar 81 dikategorikan baik, nilai rata-rata disiplin siswa setelah dilakukan pendidikan karakter sebesar 84,3 dikategorikan baik., nilai rata-rata tanggung jawab siswa setelah dilakukan pendidikan karakter sebesar 89,5 dikategorikan sangat baik, nilai rata-rata toleransi siswa setelah dilakukan pendidikan karakter sebesar 86,2 dikategorikan sangat baik, nilai rata-rata gotong royong siswa setelah dilakukan pendidikan karakter sebesar 83,4 dikategorikan baik, nilai rata-rata sopan santun siswa setelah dilakukan pendidikan karakter sebesar 79,2 dikategorikan baik dan nilai rata-rata percaya diri siswa setelah dilakukan pendidikan karakter sebesar 74,2 dikategorikan baik. Berdasarkan hasil penelitian secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan karakter siswa setelah dilakukan pendidikan karakter oleh guru bidang studi. Kata Kunci : Siswa, Pendidikan Karakter, Deskriptif

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:18
Last Modified: 04 Aug 2023 08:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14213

Actions (login required)

View Item View Item