HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN PERILAKU PENYESUAIAN DIRI YANG SALAH PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Tania, Laras Rama and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Rita, Sinthia (2018) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN PERILAKU PENYESUAIAN DIRI YANG SALAH PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI (LARAS RAMA TANIA).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kecerdasan emosi siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu, (2) mendeskripsikan perilaku penyesuaian diri yang salah pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu, dan (3) mendeskripsikan hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku penyesuaian diri yang salah pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2018/2019 sejumlah 171 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 120 siswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan skala kecerdasan emosi dan skala penyesuaian diri yang salah. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar -0,402 dengan p=0,000 (p<0,05). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan perilaku penyesuaian diri yang salah pada siswa kelas VIII di SMP negeri 6 Kota Bengkulu. Artinya semakin tinggi kecerdasan emosi maka semakin rendah perilaku penyesuaian diri yang salah. Kata kunci : korelasional, kecerdasan emosi, perilaku penyesuaian diri yang salah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:18
Last Modified: 04 Aug 2023 08:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14219

Actions (login required)

View Item View Item