ANALISIS PENDAPATAN WANITA DALAM KELUARGA MISKIN DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA (STUDI KASUS KECAMATAN SELEBAR)

Ghozie, Ahmad and Tri Putri, Novi (2016) ANALISIS PENDAPATAN WANITA DALAM KELUARGA MISKIN DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA (STUDI KASUS KECAMATAN SELEBAR). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Sebagai sebuah negara berkembang, kemiskinan di Indonesia adalah masalah yang sangat penting dan pokok dalam upaya pembangunannya. Di Kota Bengkulu sendiri bahwa posisi tingkat kemiskinan Kota Bengkulu mempunyai angka kemiskinan rata-rata sebesar 22,33 persen per September tahun 2014. Posisi kemiskinan ini masih berada di atas Provinsi yang rata-rata 17,36 persen dan posisi nasional rata-rata 12,36 persen. Kecamatan Selebar sendiri merupakan wilayah dengan tingkat kemiskinan yang paling besar diantara kecamatan lainnya di Kota Bengkulu. Pendapatan suami yang tidak mencukupi dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga mendorong para ibu rumah tangga untuk ikut menghasilkan kegiatan yang produktif yang dapat membantu pendapatan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa sajakah yang berpengaruh terhadap pendapatan wanita serta mengetahui seberapa besarr kontribusinya dalam menentukan pendapatan keluarga dalam keluarga miskin. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu dengan membagi kuesioner dan melakukan wawancara kepada masing-masing responden, dan data sekunder yang diperoleh dari kantor desa, lembaga atau instansi terkait. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode analisis kuantitatif yaitu metode analisis yang didasarkan atas perhitungan dengan persamaan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Asumsi Klasik dan Analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan alat bantu program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel umur, tingkat pendidikan, alokasi jam kerja, dan jumlah tanggungan mempunyai hubungan yang positif terhadap tingkat pendapatan wanita dalam keluarga miskin, sedangkan varibel pengalaman kerja tidak berhubungan positif terhadap tingkat pendapatan wanita dalam keluarga miskin di Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. Sedangkan kontribusi yang diberikan oleh ibu rumah tangga dalam keluarga miskin yang bekerja adalah sebesar 48,8%, hal ini dirasa sudah mencukupi bagi keluarga untuk dapat membantu menunjang pendapatan suami yang dirasa masih kurang dan sudah mencukupi untuk menambah memnuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Kata Kunci : Keluarga Miskin, Pendapatan Wanita, Kontribusi Pendapatan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 08 Nov 2017 04:11
Last Modified: 08 Nov 2017 04:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14220

Actions (login required)

View Item View Item