HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN TINGKAT RELIGIUSITAS TERHADAP KENAKALAN REMAJA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU

Fizarin, Riri Khoffifah and Elita, Yessy and Arsyadani, Mishbahuddin (2018) HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN TINGKAT RELIGIUSITAS TERHADAP KENAKALAN REMAJA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konformitas teman sebaya siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Kota Bengkulu, untuk mendeskripsikan tingkat religiusitas siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Kota Bengkulu, untuk mendeskripsikan kenakalan remaja siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Kota Bengkulu, dan untuk mendeskripsikan hubungan antara konformitas teman sebaya dan tingkat religiusitas terhadap kenakalan remaja siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Kota Bengkulu. Populasi pada penelitian ini berjumlah 116 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Alat pengumpulan data berupa kuesioner konformitas teman sebaya, kuesioner religiusitas, dan kuesioner kenakalan remaja. Analisis data menggunakan teknik korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara konformitas teman sebaya terhadap kenakalan remaja, dan ada hubungan negatif yang signifikan antara religiusitas terhadap kenakalan remaja siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Kota Bengkulu. Artinya semakin tinggi konformitas teman sebaya maka akan semakin tinggi kenakalan remaja, dan semakin rendah religiusitas maka akan semakin tinggi kenakalan remaja. Nilai determinasi (R) sebesar 0,546 artinya tingkat hubungan rendah. Nilai ( ) sebesar 0,298 dapat diartikan konformitas teman sebaya dan religiusitas secara bersama-sama memberikan sumbangan efektif sebesar 29,8 % terhadap kenakalan remaja sedangkan sisanya 70,2 % dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci : Konformitas teman sebaya, religiusitas, kenakalan remaja.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Aug 2023 09:11
Last Modified: 04 Aug 2023 09:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14235

Actions (login required)

View Item View Item