STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI DAN INTERAKTIF UNTUK PENGEMBANGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN PELESTARIAN BIODIVERSITY BAGI SISWAKELAS IV SDN 11 KOTA BENGKULU

Karjiyati, Victoria (2017) STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI DAN INTERAKTIF UNTUK PENGEMBANGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN PELESTARIAN BIODIVERSITY BAGI SISWAKELAS IV SDN 11 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9 (2). pp. 236-242. ISSN 1693-8577

[img]
Preview
Archive (Article)
JURNAL KARJIATI VOLUME 9 NOMOR 2, AGUSTUS 2016.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan sikap peduli lingkungan antara siswa yang mengikuti pembelajaran tematik menggunakan model inkuiri dan interaktif pada siswa kelas IV SDN 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen I menggunakan model inkuiri dan kelas IV B yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen II menggunakan model interaktif. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan Uji-t dua sample independen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa t tabel sebesar -0,06 lebih kecil dari pada t hitung sebesar 1,67 pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan Uji-t dua sample independen diperoleh bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar aspek sikap anatara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan inkuiri dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran interaktif. Kesimpulan dalam penelitian ini tidak terdapat perbedaan hasil belajar sikap peduli lingkungan dan pelestarian biodiversity antara siswa yang mengikuti pembelajaran tematik menggunakan model inkuiri dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model interaktif.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Journal
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 08 Nov 2017 04:40
Last Modified: 08 Nov 2017 07:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14239

Actions (login required)

View Item View Item