PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP PERILAKU ASERTIF SISWA DENGAN TEMAN SEBAYA DI KELAS XI SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU

Winardo, Surya Rezki and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Syahriman, Syahriman (2018) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP PERILAKU ASERTIF SISWA DENGAN TEMAN SEBAYA DI KELAS XI SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SURYA REZKI WINARDO.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok terhadap perilaku asertif siswa dengan teman sebaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan one group pretest dan posttest design. Sampel penelitian ini adalah 10 orang siswa dari kelas XI SMA Negeri 8 Kota Bengkulu diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket skala Likert. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan perilaku asertif siswa dengan teman sebaya meningkat setelah diberikan layanan konseling kelompok. Hal ini ditunjukan dari hasil pretest dan posttest (Z=-2,810a , maka p<0,005) sehingga ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan layanan konseling kelompok berpengaruh terhadap perilaku asertif siswa dengan teman sebaya di kelas XI SMA Negeri 8 Kota Bengkulu Kata kunci: perilaku asertif, layanan konseling kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:12
Last Modified: 08 Aug 2023 02:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14242

Actions (login required)

View Item View Item