ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CURAHAN WAKTU KERJA WANITA MENIKAH DI KAB. REJANG LEBONG (Studi Kasus Pada Pasar Atas Kec. Curup Tengah)

Reza Fahlevi, Muhammad and Eva Febriani, Ratu (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CURAHAN WAKTU KERJA WANITA MENIKAH DI KAB. REJANG LEBONG (Studi Kasus Pada Pasar Atas Kec. Curup Tengah). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
PDF Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (862kB)

Abstract

Tenaga kerja merupakan bagian dari jumlah penduduk yang secara potensial dapat memproduksi barang dan jasa. Dari jumlah 253.020 orang penduduk Kabupaten Rejang Lebong pada tahun 2013 tercatat sebanyak 1.428 jiwa merupakan pencari kerja. Secara rinci dari jumlah pencari kerja terdiri dari 667 orang (46,71%) laki-laki dan 761 (53,29%) perempuan (Rejang Lebong Dalam Angka, 2014). Besarnya penyediaan atau suplai tenaga kerja dalam masyarakat perlu diimbangi oleh kesempatan kerja. Ketidak mampuan sektor formal dalam menyerap angkatan kerja menjadikan sektor informal sebagai katup pengaman masalah ketenagakerjaan. Partisipasi wanita dalam angkatan kerja (kegiatan ekonomi) dipengaruhi secara langsung atau tidak langsung oleh berbagai faktor demografis, sosial, dan ekonomi. Fungsi utama wanita adalah sebagai istri atau ibu, tugas mereka seharusnya mengurus rumah tangga, mendidik dan membesarkan anak. Karena itu partisipasi wanita dalam kegiatan ekonomi sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor tersebut. Penelitian kali ini bertujuan untuk mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi curahan waktu kerja wanita untuk bekerja. Faktor tersebut meliputi pendapatan, umur, pendapatan suami, jumlah tanggungan. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari wawancara dipandu dengan kuisioner. Penyebaran kuisioner kepada 31 responden yang bekerja sebagai pedagang di Pasar Atas Kabupaten Rejang Lebong. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda beserta pengujiannya. Dari hasil pengujian empiris yang dilakukan terhadap wanita bekerja pada sektor informal khususnya sebagai pedagang di Pasar Atas ditemukan bahwa secara keseluruhan variabel berpengaruh signifikan terhadap curahan waktu kerja wanita menikah yang bekerja pada sektor informal. Untuk pengujian secara individu dari hasil pengujian empiris menemukan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan antara lain, pendapatan responden, pendapatan suami, dan jumlah tanggungan. Sedangkan variabel umur tidak berpengaruh signifikan terhadap curahan waktu kerja wanita bekerja pada sektor informal di Pasar Atas Kab. Rejang Lebong. Kata Kunci : Pendapatan, Umur, Pendapatan Suami, Jumlah Tanggungan dan Jam Kerja

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 08 Nov 2017 04:55
Last Modified: 08 Nov 2017 04:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14244

Actions (login required)

View Item View Item