ANALISIS KOMPARATIF KOPERASI SIMPAN PINJAM DI KOTA BENGKULU (Studi Kasus Koperasi Kartika dan Koperasi Jasa Sapta Pesona)

Al Fatih, Muhammad and Yusnida, Yusnida (2016) ANALISIS KOMPARATIF KOPERASI SIMPAN PINJAM DI KOTA BENGKULU (Studi Kasus Koperasi Kartika dan Koperasi Jasa Sapta Pesona). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
Skripsi ANALISIS KOMPARATIF KOPERASI SIMPAN PINJAM DI KOTA B.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Koperasi adalah badan hukum yang berdasarkan atas azas kekeluargaan yang anggotanya terdiri dari orang perorangan atau badan hukum dengan tujuan untuk mensejahterakan anggotanya. Salah satu jenis Koperasi adalah Koperasi simpan pinjam. Koperasi simpan pinjam merupakan Koperasiyang bergerak menghimpun dana dan menyalurkannya melalui kegiatan usaha simpan pinjam dari anggota dan untuk anggota. Di kota Bengkulu laju pertumbuhan Koperasisimpan pinjam terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Sampai saat initelah berdiri 102 unit Koperasi simpan pinjam, sebagian besar KSP tersebut merupakan KSP yang baru berdiri. Banyaknya KSP yang baru berdiri ini disinyalir adanya penyimpangan prinsip dasar Koperasi dan hanya menjadi lembaga keuangan yang mencari keuntungan sehingga mengabaikan pelayanan kepada anggota. Tujuan utama penelitian adalah untuk membandingkan KSP yang baru berdiri (Jasa Sapta Pesona) dan KSP yang telah lama berdiri (Kartika) dalam menerapkan prinsip dasar Koperasi, independensi modal dan pelayanan terhadap anggota. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, dimana ada 48 responden anggota Koperasi dan 6 responden pengurus Koperasi. Lebih lanjut dilakukan analisis data dengan metode penelitian kualitatif sehingga didapatkan kesimpulan bahwa Koperasi Jasa Sapta Pesona lebih baik dalam menerapkan prinsip dasar Koperasi dan penerapan independensi modal. Hasil penelitian mengenai pelayanan terhadap anggota, didapatkan bahwa Koperasi Kartika memiliki tingkat pelayanan lebih baik, tetapi fasilitas Koperasi sebagai penunjang terhadap pelayanan anggotayang dimiliki Koperasi Jasa Sapta Pesona lebih baik dibandingkan dengan Koperasi Kartika. Kata Kunci : Koperasi Simpan Pinjam, Prinsip dasar Koperasi, Independensi modal, Pelayanan terhadap anggota.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 08 Nov 2017 06:50
Last Modified: 08 Nov 2017 06:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14248

Actions (login required)

View Item View Item