AN INVESTIGATION OF LISTENING COMPREHENSION STRATEGIES USED BY SIXTH SEMESTER STUDENTS OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM AT UNIVERSITY OF BENGKULU

Prayogi, Afrian Reastu and Elfrida, Elfrida and Mei, Hardiah (2018) AN INVESTIGATION OF LISTENING COMPREHENSION STRATEGIES USED BY SIXTH SEMESTER STUDENTS OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM AT UNIVERSITY OF BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
AFRIAN REASTU PRAYOGI (A1B014036) - SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Prayogi, Afrian Reastu. 2018. An Investigation of Listening Comprehension Strategies Used by Sixth Semester Students of English Education Study Program at University of Bengkulu. Supervisor Dra. Elfrida, M.Pd. and Co. Supervisor Mei Hardiah, S.S., M.A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komprehensi menyimak yang digunakan oleh mahasiswa semester enam Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Bengkulu. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester enam Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris tahun akademik 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen. Kuesioner tersebut terdiri dari 35 pernyataan yang mewakili penggunaan strategi komprehensi menyimak dari strategi kognitif, metakognitif, dan sosio-afektif. Penelitian ini menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) versi 22 untuk menganalisis data. Skema peringkat Oxford (1990) untuk penggunaan strategi digunakan untuk menentukan kategori dari penggunaan strategi komprehensi menyimak. Hasil analisis data menunjukkan bahwa mahasiswa menggunakan strategi kognitif, metakognitif, dan sosio-afektif dalam komprehensi menyimak. Penggunaan strategi kognitif adalah yang tertinggi dalam komprehensi menyimak dengan nilai rata-rata 3.54 (tinggi), diikuti oleh strategi sosio-afektif dengan nilai rata-rata 3.43 (sedang) dan strategi metakognitif dengan nilai rata-rata 3.4 (sedang). Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa sebagian besar menggunakan strategi ketika mengerjakan tugas menyimak di kelas, dengan menggunakan kemampuan leksikal dan gramatikal serta latar belakang pengetahuan untuk memahami materi-materi dalam menyimak. Kata kunci: strategi komprehensi menyimak, strategi kognitif, strategi metakognitif, strategi sosio-afektif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:14
Last Modified: 08 Aug 2023 02:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14249

Actions (login required)

View Item View Item