A STUDY OF STUDENTS’ ABILITY IN ENGLISH GRAMMAR (Third Year Students of English Education Study Program Bengkulu University Academic Year 2017/2018)

Sari, Agustin Dwi Puspita and Sofyan, Dedi and Mazrul, Aziz (2018) A STUDY OF STUDENTS’ ABILITY IN ENGLISH GRAMMAR (Third Year Students of English Education Study Program Bengkulu University Academic Year 2017/2018). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI AGUSTIN DWI PUSPITA SARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sari, Agustin Dwi Puspita. (2018). A Study of Students’ Ability in English Grammar (Third Year Students of English Education Study Program Bengkulu University Academic Year 2017/2018). Skripsi S1. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universtias Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam grammar bahasa Inggris dan untuk mengetahui tipe kesalahan yang paling dominan menurut Dulay, et-al. (1982) pada surface strategy taxonomy. Populasi sampel dari penelitian ini adalah 76 siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dengan memberikan tes yang disebut grammaticality judgement test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa tahun ke tiga pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Bengkulu 2017/2018 dalam grammar bahasa Inggris relatif “rendah”, buktinya yang didasarkan pada perhitungan skor rata-rata 76 siswa, skor rata-ratanya yaitu 49,29. Kemampuan siswa dikatakan "rendah" karena tenses bahasa Inggris ini masih jarang digunakan, terutama dalam percakapan sehari-hari. Penelitian ini menunjukan bahwa tenses bahasa Inggris sulit bagi siswa untuk dipelajari. Terlebih karena perbedaan pola kalimat dan tata bahasa antara L1 dan L2. Frekuensi kesalahan tense tertinggi pada dua belas tense adalah “future perfect continuous tense” dengan jumlah kesalahan 459 atau 11.1%. Berdasarkan hasil penelitian, seluruh siswa melakukan kesalahan di semua tipe kesalahan pada surface strategy taxonomy, dan tipe kesalahan yang paling dominan adalah “misordering” dengan frekuensi 1132 kesalahan atau 24.4%. Ini karena kebanyakan dari siswa masih bingung dalam peletakan kata di dalam kalimat. Kata Kunci: Siswa, Kemampuan, Grammar bahasa Inggris, Tenses

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:14
Last Modified: 08 Aug 2023 02:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14250

Actions (login required)

View Item View Item