FACTORS CAUSING FOREIGN LANGUAGE ANXIETY (FLA) IN SPEAKING (A Study of the Third Semester Students at the English Education Study Program of Universitas Bengkulu in Academic Year 2017/2018)

Akbar, Alheru and Sofyan, Dedi and Indah, Damayanti (2017) FACTORS CAUSING FOREIGN LANGUAGE ANXIETY (FLA) IN SPEAKING (A Study of the Third Semester Students at the English Education Study Program of Universitas Bengkulu in Academic Year 2017/2018). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
ALHERU AKBAR (PDF).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Akbar, Alheru. 2017. Factors Causing Foreign Language Anxiety in Speaking (A Study of the Third Semester Students at the English Education Study Program of Universitas Bengkulu in Academic Year 2017/2018). Undergraduate Thesis. Bengkulu: Language and Art Department. Bengkulu University (64 Halaman) Keywords: Kecemasan dalam Bahasa Asing, Berbicara. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui faktor penyebab kecemasan dalam berbahasa asing pada kemampuan berbicara. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa semester tiga program studi pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Bengkulu tahun ajaran 201/2018. Sampel penelitian diambil dengan cara tehnik sampel menyeluruh, yakni 79 mahasiswa. Data penelitian diambil dengan menggunakan kuisioner yang teridiri dari 29 pertanyaan yang berhubungan dengan kegelisahan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruh mahasiswa memiliki kegelisahan. Ada tiga faktor penyebab utama yang menyebabkan mahasiswa memiliki kecemasan dalam berbahasa asing; Kecemasan akan tes “Test Anxiety” (Berpengaruh; Mean Score: 3.09), Takut akan Evaluasi Negatif “Fear of Negative Evaluation” (Berpengaruh;Mean Score: 3.00), dan Ketakutan Berkomunikasi “Communication Apprehension” (Berpengaruh; Mean Score: 2.90). Sebagai kesimpulan, bahwa ada tiga faktor utama yang menyebabkan kecemasan mahasiswa berkomunikasi dalam bahasa asing, dan faktor yang paling dominan adalah Ketakutan akan tes “Test Anxiety”. Sebagai tambahan, dari kategori ketakutan akan tes, ditemukan bahwa hampir seluruh mahasiswa takut dengan konsekuensi gagal dalam kelas berbicara.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:14
Last Modified: 08 Aug 2023 02:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14253

Actions (login required)

View Item View Item