ANALISIS STRUKTUR, PERILAKU DAN KINERJA INDUSTRI MIE INSTAN DI INDONESIA

Oktarina, Nurul and Armelly, Armelly (2016) ANALISIS STRUKTUR, PERILAKU DAN KINERJA INDUSTRI MIE INSTAN DI INDONESIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
SKRIPSI NURUL.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (898kB)

Abstract

Dilihat dari sisi demografi, Indonesia dengan populasi penduduk yang besar saat ini mencapai lebih dari 210 juta jiwa, merupakan pasar yang potensial bagi produk mi instan. Peluang pasar industri mi instan masih cukup besar terlihat dari kapasitas produksi mi instan dari perusahaan yang telah beroperasi pada tahun 2012 mencapai 2,5 miliar ton. Potensi pasar mi instan yang ada pada tahun 2008 hingga tahun 2012 sebenarnya mencapai 11,4 miliar ton sampai dengan 16,5 miliar ton dengan penyerapan mi instan rata-rata sebesar 14,32%. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur, perilaku dan kinerja industri mi instan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan pusat statistik, kementrian perindustrian dan perdagangan serta dari masing-masing 4 perusahaan mie instan di indonesia. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SCP dan nilai EFISENSI. Untuk melihat strukttur pasar digunakan alat analisi CR4, perilaku hanya dapat dengan cara mendeskripsikan strategi dari industri dan untuk menentukan kinerja industri digunakan alat analisis effisieni. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa struktur pasar industri mie instan di indonesia tergolong oligopoli ketat dengan hasil perhitunga CR4 sebesar 51,74%. Perilaku suatu industri lebih dominan kepada strategi promosi melalui periklanan dan media masa selain itu juga melakukan promosi melalui pameran dan demo masak yang bertujuan membangun hubungan baik dengan publik melalui publisitas turun lapangan langsung menghadap masyarakat melakukan pengenalan dan pengembangan nama baik perusahaan. Kinerja suatu industri dilihat dari nilai effisiensi internal industri mie instan di indonesia dengan hasil yang didapat sebesar 43,69% menggambarkan kinerja yang cukup baik bagi industri mie instan, baik dari sisi tenaga kerjanya maupun dari perusahaan itu sendiri. Kata Kunci : Struktur, Perilaku, Kinerja

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 08 Nov 2017 07:04
Last Modified: 08 Nov 2017 07:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14256

Actions (login required)

View Item View Item