THE CORRELATION BETWEEN ENGLISH LEARNING MOTIVATION AND ENGLISH PROFICIENCY ACHIEVEMENT OF ENGLISH STUDY PROGRAM STUDENTS

Purwanti, Debora and Puspita, Hilda and Mulyadi, Mulyadi (2018) THE CORRELATION BETWEEN ENGLISH LEARNING MOTIVATION AND ENGLISH PROFICIENCY ACHIEVEMENT OF ENGLISH STUDY PROGRAM STUDENTS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DEBORA PURWANTI pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Purwanti, Debora. (2018). The Relationship between English Learning Motivation and English Proficiency Achievement of English Study Program Students. Thesis. Bengkulu: University of Bengkulu. Supervisor: Dra. Hilda Puspita, M.A., Co Supervisor: Drs. Mulyadi, M.A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar bahasa Inggris dan nilai kemampuan bahasa Inggris, dan juga mengetahui korelasi antara motivasi belajar bahasa Inggris dan kemampuan bahasa Inggris dari mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris. Desainnya adalah kuantitatif korelasi. Dalam penelitian ini, sejumlah 77 mahasiswa diminta untuk melengakapi angket motivasi dan mengerjakan tes TOEFL. Dan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar bahasa Inggris mahasiswa dikategori ‘tinggi’. Hasilnya dapat dilihat dari total mean 3.59 yang mengidentikasikan bahwa mahasiswa tersebut memiliki motivasi yang tinggi dengan motivasi intrinsik yang paling dominan. Sedangkan, nilai kemampuan bahasa Inggris dari mahasiswa menunjukkan bahwa mereka memiliki level ‘sedang’ di kemampuan bahasa Inggris dengan rentang skor antara 400-499. Hasil lain menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar bahasa Inggris dan kemampuan bahasa Inggris. Hal ini dapat dibuktikan dari rcount (0.346) > rtable (0.224), level signifikan 5%; ada hubungan antara intrinsik motivasi mahasiswa dan kemampuan bahasa Inggris , rcount (0.348) > rtable (0.233); dan tidak ada hubungan antara extrinsik motivasi mahasiswa dan kemampuan bahasa Inggris mereka , rcount (0.307) < rtable (0.811). Hal tersebut menunjukkan bahwa hubungan antara motivasi belajar bahasa Inggris dan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa di level lemah. Kata Kunci: Motivation, Kemampuan Bahasa Inggris, TOEFL, Hubungan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:15
Last Modified: 16 Aug 2023 04:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14262

Actions (login required)

View Item View Item