THE EFFECT OF “SCHEMA DEVELOPMENT TECHNIQUE” ON STUDENTS’ READING ABILITY AT SENIOR HIGH SCHOOL STUDENT

Widiarti, Deni and Suwarno, Bambang and Dedi, Sofyan (2018) THE EFFECT OF “SCHEMA DEVELOPMENT TECHNIQUE” ON STUDENTS’ READING ABILITY AT SENIOR HIGH SCHOOL STUDENT. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
devi ok.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak teknik schema development pada kemampuan membaca siswa di Sekolah Menengah Atas. Selain itu juga bertujuan untuk menemukan apakah Schema Development Tecnique mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa pada aspek literal, aspek inference dan aspek vocabulary. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Rejang Lebong, terdiri dari dua kelas yang dipilih sebagai sampel penelitian. Instrument adalah test kemampuan membaca. Draft instrument telah di uji coba dengan nilai r = 0.898 ( tinggi ). Uji coba telah dilaksanakan untuk menemukan validitas dan karakteristik soal dari draft asli. Dari 90 soal uji coba, 42 soal valid dan 48 soal tidak valid. Indeks reliability adalah 0.898 ( tinggi ). Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa teknik Schema Development efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa secara keseluruhan. Selain itu juga efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa pada dua aspek (aspect literal dan aspect vocabulary). Akan tetapi, Teknik Schema Development tidak efektif dalam meningkatkan aspek inference. Hal tersebut disebabkan oleh kemampuan inference membutuhkan kemampuan awal tentang teks yang dibaca. Kata Kunci :Teknik Schema Development, Kemampuan Membaca, TEFL

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:15
Last Modified: 08 Aug 2023 02:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14263

Actions (login required)

View Item View Item