A DISCOURSE ANALYSIS OF RHETORICAL STYLE IN RESEARCH ARTICLE INTRODUCTION IN LAW STUDIES WRITTEN BY INTERNATIONAL AUTHORS

Afrizon, Ejontomi and Arsyad, Safnil and Zahrida, Zahrida (2018) A DISCOURSE ANALYSIS OF RHETORICAL STYLE IN RESEARCH ARTICLE INTRODUCTION IN LAW STUDIES WRITTEN BY INTERNATIONAL AUTHORS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
EJON PROPOSAL AN ANALYS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Afrizon, E. (2018). A Discourse Analysis of Rhetorical Style in Research Article Introduction in Law Studies Written By International Authors. Skripsi S1. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tahapan, langkah dan pola gaya retorika yang paling dominan dan umum terdapat pada bagian pendahuluan artikel penelitian bidang hukum oleh penulis internasional. Penelitian ini menggunukan teknis ceklis table dan dokumentasi. Lima belas pendahuluan artikel bidang hukum berbahasa Inggris oleh penulis Internasional dianalisis menggunakan metode teknik analisis wacana, menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif serta menggunakan teori Model CARS oleh Swales (1990). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penulis artikel-artikel tersebut dominan menggunakan Tahapan 1 (Menjelaskan Ruang Lingkup Penelitian) dan Langkah 2 pada Tahap 1 (Membuat Pernyataan Umum). Ke lima belas artikel secara keseluruhan memiliki model yang sama dalam mengarahkan pembaca untuk memahami bagian pendahuluan. Selanjutnya, penulis internasional artikel penelitian bidang hukum berbahasa inggris lebih banyak menjelaskan penomena yang berkaitan dengan topik penelitian dan menemukan masalah dari penomena tersebut dibandingkan dengan mengaitkannya terhadap penelitian terdahulu. Pola gaya retorika yang paling umum ditemukan adalah Pola Lengkap. Artikel yang tergolong dalam pola ini adalah artikel yang memiliki tiga tahap. Sedangkan yang hanya terdiri dari dua digolongkan ke semi lengkap dan yang hanya satu tahap tergolong tidak lengkap. Artikel pada ketiga journal bisa digolongkan ke dalam artikel yang memadai secara struktur wacana dengan mempertimbangkan pola yang paling dominan adalah pola lengkap. Kata Kunci : Pendahuluan Artikel Penelitian, Gaya Retorika, Penulis Internasional, Bidang Hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:16
Last Modified: 08 Aug 2023 02:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14270

Actions (login required)

View Item View Item