STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA PENGOLAHAN MAKANAN TRADISIONAL DI KOTA BENGKULU

Sitompul, Thomson and Rusdi, Muhammad (2016) STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA PENGOLAHAN MAKANAN TRADISIONAL DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
THESIS PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efisiensi industri rumah tangga pengolahan makanan tradisional di Kota Bengkulu serta menganalisis strategi pengembangan industri rumah tangga pengolahan makanan tradisional di Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner kepada 34 pelaku industri rumah tangga pengolahan makanan tradisional di Kota Bengkulu yang kemudian dianalisis dengan R/C Ratio dan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa R/C Ratio Pendap adalah 1,62 dan R/C Ratio Bay Tat adalah 1,51. Hasil perhitungan dari matriks IFE diperoleh total skor sebesar 2,100 dan EFE memiliki total skor sebesar 4,050. Hasil perhitungan matriks IE menempatkan industri rumah tangga pengolahan makanan tradisional di Kota Bengkulu pada kuadran II yaitu strategi ST. Berdasarkan Hasil analisis R/C Ratio dapat disimpulkan bahwa kedua makanan tradisional tersebut efisien untuk dikembangkan. Pada hasil SWOT, grand stratgey yang dapat diimplementasikan adalah memanfaatkan jumlah,kualitas dan tingkat kesehatan tenaga kerja dan modal yang cukup memadai untuk mengatasi munculnya pesaing baru dengan kondisi internal yang mengkhawatirkan pelaku industri lama (S1,S2,S3,S4,S5 dengan T6), memanfaatkan harga produk yang terjangkau dan tidak ditemukan bahan pengawet untuk mengatasi prestise masyarakat yang menganggap makanan tradisional ketinggalan zaman (S8,S9 dengan T3,T4), memanfaatkan teknologi produksi tradisional yang cukup memadai yang justru lebih menguntungkan untuk mengatasi ancaman teknologi yang digunakan pesaing telah canggih (S5,S11 dengan T5), memanfaatkan jaringan bisnis yang cukup luas melalui proses distribusi yang relatif mudah dan lancar dalam merebut pelanggan untuk mengatasi kekhawatiran munculnya pesaing yang ingin merebut pelanggan (S13 dengan T6). Kata Kunci: makanan tradisional,industri rumah tangga,faktor ineternal dan eksternal, R/C Ratio,SWOT

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 08 Nov 2017 07:27
Last Modified: 08 Nov 2017 07:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14270

Actions (login required)

View Item View Item