STUDENTS’ CODE SWITCHING DURING MOTION AND EVALUATION DISCUSSION PERFORMED BY ENGLISH DEBATERS (A Case Study of English Debate Club at the University of Bengkulu)

Santika, Helni and Azwandi, Azwandi and Mukhrizal, Mukhrizal (2018) STUDENTS’ CODE SWITCHING DURING MOTION AND EVALUATION DISCUSSION PERFORMED BY ENGLISH DEBATERS (A Case Study of English Debate Club at the University of Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI HELNI (A1B014014) - SKRIPSI .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Santika, Helni. 2018. Students’ Code Switching during Motion and Evaluation Discussion (A Case Study of English Debate Club at The University Of Bengkulu). Undergraduate skripsi S1: Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti alih kode yang dilakukan oleh anggota debat universitas Bengkulu. Tipe dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Objek dari penelitian ini adalah tiga anggota debat dari UKM debat universitas Bengkulu. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Data diambil dari rekaman diskusi mosi dan evaluasi pada tanggal 05 Mei 2018. Dalam menganalisis data, peneliti mentranskripsi data, mengklasifikasikan data yang dapat dikategorikan sebagai alih kode kode berdasarkan teori Poplack, menganalisa alasan anggota debat dalam melakukan alih kode, serta membuat presentase dan membuat kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga tipe alih kode yang digunakan oleh anggota debat pada saat berbicara. Tipe alih kode yang ditemukan terbagi atas inter- sentential switching (28%), intra-sentential switching (66.7%), dan tag switching (5.3%). Sebagai tambahan, ada beberapa alasan anggota debat untuk melakukan campur kode, yaitu keperluan untuk menggunakan kata seru, pengulangan sebagai klarifikasi, dan niat mengklarifikasi isi percakapan. Kata kunci: Alih kode, diskusi mosi dan evaluasi debat, klub debat bahasa inggris

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:17
Last Modified: 08 Aug 2023 02:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14280

Actions (login required)

View Item View Item