PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (StudiPada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek IndonesiaPeriode 2012-2014)

Afnita, Afnita and Sulluk Kananlua, Paulus (2016) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (StudiPada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek IndonesiaPeriode 2012-2014). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
skripsi Afnita.pdf - Additional Metadata
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Good Corporate Governance (GCG) merupakan tatakelola perusahaan yang menjelaskan hubungan antaraberbagai pihak dalam perusahaan yang menentukan arah dan kinerjaperusahaan. Isu mengenai Good Corporate Governance (GCG) mulai menjadi pembahasan yang penting di Indonesia sejak adanya krisis ekonomi, yaitu pada tahun 1997 silam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh penerapan Good Corporate Governance terhadap kinerja keuangan perusahaan. Dalam penelitian ini indikator yang dipakai dalam mekanisme Good Corporate Governance terdiri dari: komite audit, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen, serta ukuran perusahaan yang nantinya akan memberikan pengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan yang diukur dengan Return On Equity (ROE). Sampel penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2014. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan regresi linear berganda, karena sesuai dengan tujuan penelitian yaitu menganalisis pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Untuk menentukan sampel digunakan metode pengambilan sampel Porposive Sampling. Dari hasil metode tersebut maka didapat sebanyak 10 perusahaan perbankan yang dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Dari hasil pengujian hipotesis, menunjukkan hasil bahwa komite audit berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Pada variabel kepemilikan manajerial didapatkan hasil bahwa kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan.variabel kepemilikan institusional menunjuukkan hasil tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Selanjutnya variabel komisaris independen menunjukkan hasiltidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Terakhir variabel ukuran perusahaan yang diukur dengan jumlah aktiva yang dimiliki perusahaan menunjukkan hasil tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Kata Kunci : Good Corporate Governance, Komite Audit, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, Ukuran Perusahaan, Kinerja Keuangan (ROE)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 08 Nov 2017 08:05
Last Modified: 08 Nov 2017 08:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14285

Actions (login required)

View Item View Item