LEARNING STYLES AND ENGLISH SPEAKING COMPETENCE A CORRELATIVE STUDY TOWARD LEARNING STYLE AND ENGLISH SPEAKING COMPETENCES OF 6TH SEMESTER ENGLISH STUDY PROGRAM AT FKIP UNIVERSITAS BENGKULU

Esdwipebi, Indah and Sofyan, Dedi and Elfrida, Elfrida (2018) LEARNING STYLES AND ENGLISH SPEAKING COMPETENCE A CORRELATIVE STUDY TOWARD LEARNING STYLE AND ENGLISH SPEAKING COMPETENCES OF 6TH SEMESTER ENGLISH STUDY PROGRAM AT FKIP UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Indah Esdwipebi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Esdwipebi, Indah. 2018. Learning Style and English Speaking Competence A Correlative Study Toward Learning Style and English Speaking Competences of 6th Semester English Study Program at FKIP Universitas Bengkulu. Supervisor Dr. Dedi Sofyan, M. Hum and Co. Supervisor Dra. Elfrida, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe gaya belajar siswa yang dikategorikan sebagai tipe ketergantungan dan kemandirian terhadap lingkungan (field dependence dan field independence dan korelasi yang dimiliki terhadap pencapaian kemampuan berbicara Bahasa Inggris siswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Bengkulu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa semester 6 Program Studi Bahasa Inggris, tahun akademik 2017/2018. Metodologi penelitian yang digunakan adalah korelasi kuantitatif, data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan transkrip nilai kemampuan berbicara bahasa Inggris sebagai instrumen untuk mengetahui data. Kuesioner terdiri dari 20 item yang disusun berdasarkan dua indikator gaya belajar field dependence dan field independence. Penelitian ini mengggunakan Uji Chi�square dan uji alternative Kolmogorov Smirnov untuk mengetahui hubungan antara dua variabel. Hasil perhitungan data menunjukkan bahwa tipe gaya belajar field dependence dan field independence berkorelasi kecil atau tidak signifikan terhadap prestasi siswa dalam kempuan berbicaranya, dengan nilai P adalah 0.146 yang berarti lebih tinggi dari nilai P 0,05 (seharusnya <0,05). Temuan tersebut juga menunjukkan bahwa rata-rata responden melihat tipe field dependence lebih disukai dan terasa penting pengaruhnya dari pada field independence terhadap pembelajaran dan prestasi belajar. Maka, karena korelasi yang rendah, field dependence dan independence dikategorikan memberikan dampak yang kecil terhadap kemampuan berbicara siswa, karena adanya pertimbangan bahwa ada factor penting lainnya yang mempengaruhi berdasarkan pengalaman pribadi penulis terhadap responden, bahwa adanya faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah kepribadian bawaan dan mental disiplin belajar dan faktor eksternal adalah keaktifan responden di beberapa organisasi dan kegiatan ekstrakurikuler. Kata kunci: gaya belajar, field dependence, field independence dan korelasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:18
Last Modified: 08 Aug 2023 02:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14287

Actions (login required)

View Item View Item