PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Online Tokopedia)

Alfany, Ajenz and Soengkono, Soengkono (2016) PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Online Tokopedia). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (874kB)

Abstract

Saat ini, teknologi internet mempengaruhi gaya hidup masyarakat, terutama masyarakat yang memiliki kebiasaan bertransaksi dan berbelanja dengan memanfaatkan media internet. Online Shopping adalah salah satu bentuk perdagangan elektronik yang menyediakan kemudahan dalam bertransaksi, menawarkan produk yang lebih besar, aksesibilitas, serta kenyamanan tanpa batasan waktu dan ruang (Brynjolfsson dan Smith, 2000). Salah satu bentuk online shopping adalah situs jual beli online Tokopedia. Untuk menggunakan situs Tokopedia, konsumen harus memiliki kepercayaan dan kualitas informasi agar dapat melakukan keputusan pembelian secara online di situs tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara kedua variabel tersebut, yaitu kepercayaan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian secara online di Tokopedia. Pada penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability, yaitu dengan menggunakan teknik snowball. Tehnik ini menunjukkan bahwa kriteria sampel yang digunakan adalah member atau anggota Tokopedia ataupun non anggota yang pernah melakukan pembelian secara online pada Forum Jual Beli (FJB) Tokopedia.com. Oleh karena itu, konsumen yang tidak pernah melakukan pembelian secara online di Tokopedia tidak dapat menjadi responden pada penelitian ini. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer, didapatkan dengan menyebarkan link kuesioner secara online kepada responden melalui social media, yaitu Facebook, Path, Line dan Blackberry Messenger (BBM). Sampel yang digunakan sebanyak 126 responden. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan statistic dengan bantuan program SPSS versi 13 dengan program Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketiga hipotesis diterima secara statistik, yaitu kepercayaan mempengaruhi keputusan pembelian secara online, dan kualitas infomasi mempengaruhi keputusan pembelian secara online. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen yang percaya tentu memberikan kontribusi yang baik untuk situs Tokopedia, dengan terus melakukan pembelian produk dan merekomendasikan kepada teman maupun kerabat. Dari kualitas informasi, menjadi faktor yang sangat berperan pada kemajuan situs. Hal ini dikarenakan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 08 Nov 2017 08:08
Last Modified: 08 Nov 2017 08:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14287

Actions (login required)

View Item View Item