THE WRITING TASK OF ENGLISH TEXTBOOKS FOR SEVENTH GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL

Mawaranti, Indri and Azwandi, Azwandi and I Wayan, Dharmayana (2018) THE WRITING TASK OF ENGLISH TEXTBOOKS FOR SEVENTH GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Indri Mawaranti, (2018).an Evaluation of Writing Task in English Textbooks for Seventh Graders Students of Junior High School in Bengkulu. Departmet of English Post Graduate Program Bengkulu University. Supervisor Dr. Azwandi,Dip. TESL., M.A and Co- Supervisor Dr. I Wayan Dharmayana, M.Psi Penelitian ini adalah penelitian deskriptif qualitatif. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi latihan writing pada buku teks bahasa inggris untuk SMP kelas 1 Kota Bengkulu . Data penelitian ini adalah buku teks bahasa inggris dengan judul “When English Rings a Bell” terbitan Kemendikbud dan “Practise Your English Competence” terbitan Erlangga. Instrument yang digunakan adalah kuisioner ceklist. Responden penelitian ini adalah delapan guru bahasa inggris kelas 1 di SMP 11, SMP 1, SMP 7 dan SMP 3 di Kota Bengkulu. Data dikumpulkan melalui kuisioner yang didistribusikan ke guru Bahasa Inggris. Kuisioner ceklis penelitian menggunakan Skala Likert yang terdiri dari lima skala. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam buku bahasa inggris “When English Rings a Bell” yang memenuhi kriteria tugas menulis menurut Raimes dalam kategori cukup dengan persentase mendekati 50% karena hanya enam kritera dari empat belas kriteria standar menurut Raimes. Enam kriteria tersebut adalah dictation, filling in the blank, question answer, summary writing free composition in writing, and write the text based on the topic provided. Sedangkan dalam buku “Practise Your English Competence” persentasenya hampir 30% karena hanya memenuhi empat kriteria dari empat belas kriteria menurut Raimes. Empat kriteria tersebut adalah filling in the blank without translation, sentence ordering, addition, and cloze test. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa tipe penugisan menulis pada buku “When English Rings a Bell” ada dalam kategori cukup, sedangkan tipe penugisan menulis pada buku “Practise Your English Competence” ada dalam kategori kurang. Kata Kunci : Evaluasi buku teks, aktifitas menulis, Raime Teori.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:18
Last Modified: 08 Aug 2023 02:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14288

Actions (login required)

View Item View Item