AN ANALYSIS OF ENGLISH TEACHER-MADE READING TESTS IN VIEW OF COGNITIVE DOMAIN OF REVISED BLOOM‟S TAXONOMY AT SMPN 20 BENGKULU

Leska, Ariani and Afriazi, Rudi and Bambang, Suwarno (2018) AN ANALYSIS OF ENGLISH TEACHER-MADE READING TESTS IN VIEW OF COGNITIVE DOMAIN OF REVISED BLOOM‟S TAXONOMY AT SMPN 20 BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Leska Ariani (A1B014080) - SKRIPSI. pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Ariani, Leska. (2018). “An Analysis of English Teacher-Made Reading Tests in View of Cognitive Domain of Revised Bloom’s Taxonomy at SMPN 20 Kota Bengkulu.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama: Drs. Rudi Afriazi, M.Ed. and Pembimbing Pendamping: Drs. Bambang Suwarno, M.A. Ph.D. Abstrak- Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk mengetahui kategori dari komponen ranah kognitif Revisi Taksonomi Bloom dalam 12 tes bacaan yang dibuat oleh guru bahasa Inggris di SMPN 20 Kota Bengkulu, Indonesia. Populasi dari penelitian ini adalah 12 tes bacaan. Sampel dari penelitian ini adalah semua soal pilihan ganda dan essay yang terdiri dari 256 soal yang di buat oleh 3 orang guru bahasa Inggris. Penelitian ini menggnakan tehnik pengambilan semua data. Data diambil dengan menggunakan instrument checklist yang dikemukakan oleh teori Checklist kemudian juga digunakan untuk menganalisis tingkatan dari ranah kognitif seperti, mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan. Hasil dari peneitian menunjukkan bahwa ada 48 (18,75%) soal yang menggunakan tingkatan mengingat, 35 (13,67%) soal yang menggunakan tingkatan memahami, 106 (41,40%) soal yang menggunakan tingkatan menerapkan, 65 (25,4%) soal yang menggunakan tingkatan menganalisis, dan 2 (0,78%) soal yang menggunakan tingkatan mengevaluasi. Tes bacaan yang di buat oleh guru bahasa Inggris di SMPN 20 Kota Bengkulu mengandung hampir seluruh komponen dari kecuali tingkatan menciptakan atau tingkatan yang paling tinggi. Dapat disimpulkan bahwa ranah kognitif dari revisi Taksonomi Bloom yang paling dominan adalah tingaktan menerapkan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, tes bacaan yang dibuat oleh guru SMPN 20 Kota Bengkulu mungkin memerlukan perbaikan untuk memenuhi persyaratan sebagai tes yang baik. Kata Kunci: Tes Bacaan, Ranah Kognitif, Taksonomi Bloom.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:18
Last Modified: 16 Aug 2023 04:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14290

Actions (login required)

View Item View Item