THE EFFECT OF SMART (SELF MONITORING APPROACH TO READ AND THINK) STRATEGY ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT GRADE VIII OF JUNIOR HIGH SCHOOL 20 OF BENGKULU CITY

Ervina, Mella Yosie and Suwarno, Bambang and Azwandi, Azwandi (2018) THE EFFECT OF SMART (SELF MONITORING APPROACH TO READ AND THINK) STRATEGY ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT GRADE VIII OF JUNIOR HIGH SCHOOL 20 OF BENGKULU CITY. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan SMART strategi (Self Monitoring Approach to Read and Think) terhadap kemampuan membaca siswa untuk memahami teks deskriptif. Desain penelitian ini yaitu penelitian kuasi-experiment. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa; 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 30 siswa untuk kelas kntrol. Instrumen penelitian ini yaitu tes memaca yang terdiri 30 soal pilihan ganda (4 pilihan) dengan r=0,83. Hasil penelitian ini yaitu; (1) strategi SMART efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa pada keseluruhan hasil membaca, (2) strategi SMART efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa pada aspek menemukan ide pokok, (3) strategi SMART efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa pada aspek identifikasi informasi khusus. Namun, strategi SMART tidak efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa pada aspek (a) membuat inference dan (b) memahami kosakata dan menentukan reference. Penelitian lebih lanjut direkomendasi untuk siswa SMA. Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Teks Deskriptif, Strategi SMART

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:19
Last Modified: 16 Aug 2023 04:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14293

Actions (login required)

View Item View Item