SURVEI RATING TINGKAT KEPENTINGAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN JASA RAWAT INAP PADA PUSKESMAS KOTA BENGKULU DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MULTIDIMENSIONAL SCALING

mariska, Desti and murni, Trisna (2016) SURVEI RATING TINGKAT KEPENTINGAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN JASA RAWAT INAP PADA PUSKESMAS KOTA BENGKULU DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MULTIDIMENSIONAL SCALING. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
skripsi desti mariska.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Dengan perkembangan ilmu dan teknologi dalam bidang kesehatan Puskesmas dituntut lebih keras lagi berusaha dalam meningkatkan profesionalisme dalam bekerja khususnya dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada para pasiennya. Dengan pelayanan yang maksimal akan dapat menghasilkan atau memenuhi kebutuhan pasien. Puskesmas Perawatan Kota Bengkulu adalah Puskesmas yang menyediakan jasa Rawat Inap layaknya Rumah Sakit yang disebut (Mini Hospital). Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan faktor dominan yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam menggunakan jasa Rawat Inap Puskesmas Kota Bengkulu dengan menggunakan teknik Multidimensional Scaling. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Riset Lapangan, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer diperoleh dengan cara penyebaran kuisioner dan data sekunder yang diperoleh dari referensi buku-buku diperpustakaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Accidental Sampling yaitu dengan penyebaran kuisioner melalui siapa saja yang ditemui yang berada atau sedang dirawat dipuskesmas Kota Bengkulu. Jumlah responden yang terkumpul adalah sebanyak 60 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah satatistik deskriptif dan Multidimensional Scaling. Variabel yang digunakan berdasarkan foktor yang dianggap penting oleh pelanggan.Diantaranya:bukti fisik,daya tanggap, jaminan, akses, komunikasi, empati, kehandalan, kepercayaan , keamanan dan kompetensi. Hasil penelitian menujukan bahwa faktor tingkat kepentingan pelanggan berdasarkatan Rating pengolahan data menggunakan statistik deskriptif adalah sebagai berikut: bukti fisik (Tangibles) dengan nilai rata-rata 19.0833,daya tanggap (responsive)dengan nilai raa-rata 13,6333,kompetensi (Competence) dengan nilai rata-rata 13,5167,keamanan (Security) dengan nilai rata-rata 10,3667, kepercayaan (Credibility)dengan nilai rata-rata 8,6000, empati (Emphaty)dengan nilai rata-rata 8,2667, kehandalan (Reliability) dengan nilai rata-rata 7,3000, akses (Access) dengan nilai rata-rata 7.1667,jaminan (Assurancce) dengan nilai rata-rata 6,5333, komunikasi (Communication )dengan nilai rata-rata 5,5333. Berdasarkan hasil pemetaan persepsi konsumen menggunakan teknik Multidimensional Scaling adalah sebagai berikut: variabel kepercayaan berada dimensi I (-,0847) dan dimensi II (,6871), Variabel keamanan berada pada dimensi I(-,6424 dan pada dimensi II (,2501), Variabel empati berada pada dimensi I (-,0847) dan pada dimensi II (,0363), Variabel akses berada pada dimensi I (,4712 ),dan dimensi II ( ,4061), Variabel kehandalan berada pada dimensi I (,0427 ), dan dimensi II (-,0929), Variabel komunikasi berada pada dimensi (,0400 ) dan dimensi II (-,0929), Variabel jaminan berada pada kuadran I (,0505 ) dan dimensi II (--,0799) bukti fisik, variabel ini berada pada kuadran II dengan nilai dimensi I adalah (1,8434 ) dan dimensi II (1,8617 ) Variabel daya tanggap berada pada dimensi I (1,1747) dan dimensi II (,7987 ), Variabel kompetensi berada pada dimensi I (-2,0887) dan dimensi II (-2,1788). Berdasarkan hasil olahan data tersebut variabel-variabel tersebut memiliki tingkat kepentingan yang mirip namun tetap memiliki nilai yang berbeda-beda setiap variabelnya. Berdasarkan hal diatas, maka disarankan agar Rawat Inap Puskesmas Kota Bengkulu meningkatkan pelayanan jasa Rawat Inap yang diberikan kepada pasien berdasarkan tingkat kepentingan sepuluh variabel yang diteliti. Kata kunci: Multidimensional Scaling, faktor tingkat kepentingan Pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 08 Nov 2017 08:27
Last Modified: 08 Nov 2017 08:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14297

Actions (login required)

View Item View Item