ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP BUAH JERUK BERASTAGI DAN BUAH JERUK PONKAM DI TOKO BUAH HARUM MANIS KOTA PEMATANGSIANTAR

Yolanda, Elisa Sianturi and Basuki, Sigit Priyono and Ellys, Yuliarti (2022) ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP BUAH JERUK BERASTAGI DAN BUAH JERUK PONKAM DI TOKO BUAH HARUM MANIS KOTA PEMATANGSIANTAR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi Yolanda Elisa Sianturi (E1D017057).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Buah merupakan salah satu komoditas hortikultura yang mengandung vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh manusia serta mudah untuk dikonsumsi. Salah satu komoditas hortikultura yaitu buah jeruk yang merupakan buah yang paling banyak dikonsumsi oleh penduduk Indonesia. Di Kota Pematangsiantar, terdapat salah satu pasar buah modern yakni Toko buah Harum Manis yang merupakan salah satu toko buah terbesar di Kota Pematangsiantar. Toko ini menjual buah jeruk lokal yaitu Jeruk Berastagi dan buah jeruk impor yaitu Jeruk Ponkam. Ditengah hadirnya buah jeruk impor di tengah masyarakat, menyebabkan buah jeruk lokal harus mampu bersaing agar dapat bertahan di pasaran. Permintaan konsumen buah Jeruk Berastagi dan Ponkam secara umum dipengaruhi oleh berbagai atribut buah jeruk seperti warna, rasa, aroma, ukuran dan harga yang selalu cenderung berubah-ubah setiap waktunya. Atribut ini dapat menjadi pertimbangan konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian buah jeruk. Jeruk ini dikonsumsi oleh konsumen berdasarkan preferensi dari atribut-atribut yang dimiliki Jeruk Berastagi dan Jeruk Ponkam. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis atribut-atribut Jeruk Berastagi dan buah Ponkam yang menjadi preferensi konsumen di Toko buah Harum Manis. 2) Menganalisis atribut-atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam keputusan membeli Jeruk Berastagi dan Jeruk Ponkam di Toko buah Harum Manis. 3) Menganalisis perbedaan kategori atribut pada buah Berastagi dan buah Ponkam di Toko buah Harum Manis. Penelitian ini dilaksanakan di Kios Buah Harum Manis dengan alasan bahwa Kios buah ini toko buah terbesar di Kota Pematangsiantar yang menjual berbagai buah jeruk lokal dan buah jeruk impor. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2021. Responden dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan accidential sampling yaitu 96 responden. Metode analisis data yang digunakan untuk menganalisis atribut-atribut Jeruk Berastagi dan Jeruk Ponkam yang menjadi preferensi konsumen dan menganalisis atribut￾atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam keputusan membeli Jeruk Berastagi dan Jeruk Ponkam menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, kemudian untuk menganalisis perbedaan preferensi atribut pada buah Berastagi dan buah Ponkam di Toko buah Harum Manis menggunakan analisis Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jeruk Berastagi yang menjadi preferensi yaitu harga yang murah, rasa manis-asam, aroma yang harum, warna oranye-kehijauan, dan ukuran sedang. Sedangkan Jeruk Ponkam yang menjadi preferensi konsumen yaitu harga yang murah, rasa manis, aroma yang harum, warna oranye, dan ukuran sedang. Atribut yang paling dipertimbangan oleh konsumen dalam melakukan keputusan pembelian buah Jeruk Berastagi dan Jeruk Ponkam adalah atribut rasa. Terdapat perbedaan preferensi konsumen untuk semua atribut-atribut yang melekat pada Jeruk Berastagi yaitu harga, rasa, aroma, warna dan ukuran. Kemudian pada Jeruk Ponkam terdapat perbedaan preferensi konsumen terhadap keempat atribut yang melekat pada Jeruk Ponkam yaitu harga, rasa, aroma dan ukuran.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 07 Aug 2023 08:06
Last Modified: 07 Aug 2023 08:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14305

Actions (login required)

View Item View Item