A STUDY OF 2 ND SEMESTER STUDENTS’ MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH AT THE ENGLISH STUDY PROGRAM OF THE UNIVERSITAS BENGKULU

Novita, Andriani and Mulyadi, Mulyadi and Alamsyah, Harahap (2018) A STUDY OF 2 ND SEMESTER STUDENTS’ MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH AT THE ENGLISH STUDY PROGRAM OF THE UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Novita Andriani (A1014028 SKripsi) siap bakar.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Andriani, Novita. 2018. A Study of 2nd Semester Student’s Motivation in Learning English at English Study Program of Universitas Bengkulu. Supervisor Drs. Mulyadi, M.A. and Co. Supervisor Dr. Alamsyah Harahap, M.Lib. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe-tipe motivasi mahasiswa dan menganalisa alasan-alasan dari motivasi mahasiswa yang dimiliki dalam belajar bahasa Inggris oleh mahasiswa semester dua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Bengkulu. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa semester dua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris tahun akademik 2017/2018. Sampel dari penelitian ini sebanyak 54 mahasiswa atau 50% dari populasi itu sendiri. Teknik pengambilan data dari penelitian ini menggunakan purposive sampling. Metode dari penelitian ini adalah metode campuran (deskripsi kuantitatif dan kualitatif) dan data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara sebagai instrumen. Kuesioner terdiri dari 30 item pertanyaan dan untuk wawancara terdiri dari 4 pertanyaan yang mana keduanya di adaptasi dari penelitian Lai (2013) yang keseluruhan mewakili penggunaan dari motivasi siswa dari motivasi intrinsik, motivasi ektrinsik, motivasi instrumental, dan motivasi integratif. Skema rating dari Oxford (1990) digunakan untuk menentukan kategori dari penggunaan motivasi siwa yang dimiliki. Hasil dari data analisis menunjukkan bahwa mahasiswa mempunyai motivasi instrumental dan instrinsik motivasi. Motivasi instrumental merupakan yang paling dominan dalam belajar bahasa Inggris dengan skor rata-rata 3.4 (sedang) atau 87.03% dalam persentase, diikuti oleh motivasi intrinsik dengan skor rata-rata 3.4 (sedang) atau 86.51% dalam persentase. Dan untuk alasan-alasan dari motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggis, hasil dari data analisis menunjukkan bahwa mahasiswa mempunyai motivasi instrumental (orang tua dan pekerjaan) dan motivasi intrinsik (diri sendiri) sebagai alasan yang dominan dari motivasi siswa dalam mempelajari bahasa Inggris. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa siswa semester dua dalam program studi bahasa Inggris memiliki motivasi instrumental dan motivasi intrinsik dan alasan dalam belajar bahasa Inggris adalah orang tua, pekerjaan dan motivasi intrinsik. Kata Kunci: Motivasi Siswa, Belajar Bahasa Inggris, Motivasi Intrinsik, Motivasi Ektrinsik, Motivasi Instrumental, Dan Motivasi Integratif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:19
Last Modified: 08 Aug 2023 02:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14306

Actions (login required)

View Item View Item