IMPLEMENTING RECIPROCAL STRATEGY IN TEACHING READING COMPREHENSION (A QUASI EXPERIMENT STUDY AT THE FIRST GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 6 BENGKULU TENGAH)

Purnamasari, Novita and Suwarno, Bambang and Syahrial, Syahrial (2016) IMPLEMENTING RECIPROCAL STRATEGY IN TEACHING READING COMPREHENSION (A QUASI EXPERIMENT STUDY AT THE FIRST GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 6 BENGKULU TENGAH). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Tesis Novita Purnamasari, A2B014020.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi apakah penerapan strategi mengajar resiprokal mempengaruhi secara signifikan pemahaman membaca siswa kelas pertama SMA Negeri 6 Bengkulu Tengah atau tidak dan untuk mengetahui di level pemahaman mana kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda. Penelitian ini menggunakan desain kuasi�eksperimental. Populasi penelitian ini mencakup semua siswa kelas pertama dari SMA Negeri 6 Bengkulu Tengah tahun ajaran 2015/2016 dan terdiri dari empat kelas. Sampel pada penelitian ini adalah dua dari empat kelas yang tersedia (X3 sebagai kelas eksperimen dan X1 sebagai kelas kontrol). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman membaca. Data penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh dengan melakukan pre-test dan post-test. Data dianalisis dengan menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian ini, yang pertama menunjukkan bahwa strategi strategi mengajar resiprokal ini mempengaruhi peningkatan pemahaman membaca siswa secara signifikan. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan antara thitung dan ttabel pada pre-test dan post-test. Pada pre-test, thitung 1.482 dan ttabel 2.006 (thitung < ttabel, tidak ada beda signifikan). Sedangkan pada post-test, thitung 4.56 dan ttabel 2.006 (Thitung > ttabel, ada beda signifikan). Nilai rata-rata pada pre-test 5.52 dan nilai rata-rata pada post-test 8.00. Kedua, kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda dalam pemahaman literal. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi mengajar resiprokal ini mempengaruhi peningkatan pemahaman membaca siswa secara signifikan dan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda dalam pemahaman literal . Kata kunci: reciprocal teaching strategy, reading comprehension, quasi-experimental research.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:19
Last Modified: 16 Aug 2023 04:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14308

Actions (login required)

View Item View Item