ANALISIS KETIMPANGAN PENERIMAAN DAN KEMISKINAN RUMAH TANGGA PETANI KELAPA SAWIT DI DESA SIBAK KECAMATAN IPUH KABUPATEN MUKOMUKO

Isyaroh, Aass Yekty and Purwoko, Agus and Arianti, Nyayu Neti (2017) ANALISIS KETIMPANGAN PENERIMAAN DAN KEMISKINAN RUMAH TANGGA PETANI KELAPA SAWIT DI DESA SIBAK KECAMATAN IPUH KABUPATEN MUKOMUKO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (THesis)
SKRIPSI Aass Yekty Isyaroh.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (420kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian mengenai analisis ketimpangan penerimaan dan kemiskinan rumah tangga petani kelapa sawit di Desa Sibak Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko. Tujuan penelitian ini adalah menghitung penerimaan usahatani kelapa sawit, penerimaan non usahatani kelapa sawit, menganalisis ketimpangan penerimaan rumah tangga petani kelapa sawit, dan melihat tingkat kemiskinan rumah tangga petani kelapa sawit di Desa Sibak Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan yaitu dimulai pada tanggal 8 Juni 2016 sampai 8 Juli 2016 dengan jumlah responden sebanyak 67 responden, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan wawancara dengan menggunakan daftar pertanyaan (kuisioner). Rata-rata penerimaan usahatani kelapa sawit adalah sebesar Rp7,235,828/bln, penerimaan non usahatani kelapa sawit adalah sebesar Rp 306,067/bln, rata-rata penerimaan non pertanian adalah Rp 2,229,851/bln, dengan ketimpangan distribusi penerimaan rumah tangga petani kelapa sawit yaitu 0,34 yang termasuk dalam kategori ketimpangan rendah dan hasil dari tingkat kemiskinan petani kelapa sawit di Desa Sibak tidak miskin. Budidaya kelapa sawit di Desa Sibak Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko jika produktivitasnya lebih ditingkatkan lagi maka akan menghasilkan penerimaan rumahtangga petani kelapa sawit yang tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 09 Nov 2017 02:14
Last Modified: 20 Nov 2017 03:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14309

Actions (login required)

View Item View Item