PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGRI 18 KOTA BENGKULU

Rusyanti, Nur Endah and Juarsa, Osa and Resnani, Resnani (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGRI 18 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI NUR ENDAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran multiliterasi terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran PKn di kelas V SD Negri 18 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian campuran(mix method). Desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan(treatment) pada subjek penelitian. Subjek dalam penelitian ini ada dua kelompok, yaitu siswa kelas V A sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V B sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan, yaitu peneliti yang dibantu dengan pedoman observasi dan tes hasil belajar dengan bentuk soal pilihan ganda yang diberikan melalui pretest sebelum pembelajaran serta posttest setelah pembelajaran. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan analisis data di lapangan dan analisis inferensial yaitu uji-t. Data hasil penelitian yang diolah menggunakan uji-t didapatkan nilai thitung sebesar 2,52 dan nilai ttabel sebesar 1,68. Jadi thitung 2,52 > ttabel 1,68 pada taraf signifikan 5%, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran multiliterasi terhadap hasil belajar kognitif PKn siswa kelas V SDN 18 Kota Bengkulu. Tahapan pembelajaran dengan model multiliterasi terdiri atas pembuka, inti, dan penutup. Pembuka meliputi salam pembuka, berdoa, absensi, apersepsi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Kegiatan Inti meliputi mengenali fenomena sosial, membangkitkan skemata, menemukan informasi, mengorganisasikan informasi, mengelaborasi dan menyintesis informasi, meringkas konsep-konsep kunci, memproduksi karya, pemantapan materi, dan kesimpulan.Kegiatan penutup meliputi evaluasi, refleksi, tindak lanjut, doa penutup, dan salam penutup.Pelaksanaan pembelajaran dengan model multiliterasi sebagian besar sudah dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Kata kunci: Model Pembelajaran Multiliterasi, PKn, Hasil Belajar Kognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:19
Last Modified: 08 Aug 2023 02:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14311

Actions (login required)

View Item View Item