JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ DIFFICULTIES IN COMPREHENDING PROCEDURE TEXT (The Study at SMP Negeri Muara Kemumu)

Pistarman, Pistarman and Syahrial, Syahrial and Arono, Arono (2018) JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ DIFFICULTIES IN COMPREHENDING PROCEDURE TEXT (The Study at SMP Negeri Muara Kemumu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
pitarman ok.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (23MB)

Abstract

Abstrak Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mencari tahu kesulitan siswa dalam memahami teks prosedur dan mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan pada siswa di SMP Negeri 1 Kemumu. data diperoleh melalui instrumen penelitian yang terdiri atas tes, angket dan wawancara. Subjek penelitian terdiri atas 72 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Muara Kemumu. hasil penelitian menunjukan kesulitan yang seringkali dihadapi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Muara Kemumu dalam memahami teks prosedur meliputi kemampuan menentukan tujuan teks, kemampuan memahami informasi yang terkandung di bagian langkah-langkah, dan kemampuan mencari padanan kata (sinonim) dan arti kata secara konteks pemakaian. Sedangkan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan dalam memahami teks prosedur adalah dikarenakan sebagian besar siswa tidak memahami arti isi teks. Siswa juga tidak mengerti arti pertanyaan. Langkah-langkah yang ada di dalam teks dirasa sulit bagia siswa sehigga siswa tidak tahu dimana mencari jawaban di dalam teks. Selain itu, siswa juga tidak memiliki pengalaman belajar bahasa Inggris yang baik di jenjang pendidikian sebelumnya. Sikap belajar siswa juga belum menunjukan kesungguhan yang serius sehingga masih ditemukan siswa yang melakukan kecurangan dan menjawab pertanyaan secara asal-asalan. Lebih jauh ditemukan juga faktor lainnya seperti keterbatasan perbendaharaan kata, waktu pembelajaran di kelas yang relatif kurang, kesulitan dalam memahami kata kerja dan sikap siswa dalam proses belajar mengajar. Kata Kunci: Students’ Difficulties, Comprehending Procedure Text, Causing Factors

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:20
Last Modified: 08 Aug 2023 02:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14313

Actions (login required)

View Item View Item