STRUKTUR PENERIMAAN DAN PENGELUARAN RUMAH TANGGA PEMANEN TEH DI PTPN IV TOBASARI KABUPATEN SIMALUNGUN PROPINSI SUMATERA UTARA

Bakkara, Gordon Rikardo and Priyono, Sigit and Sumantri, Bambang (2017) STRUKTUR PENERIMAAN DAN PENGELUARAN RUMAH TANGGA PEMANEN TEH DI PTPN IV TOBASARI KABUPATEN SIMALUNGUN PROPINSI SUMATERA UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Tesis)
SKRIPSI Gordon Rikardo Bakkara.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Perkebunan teh PTPN IV Tobasari di Desa Sarimattin Kecamatan Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun merupakan salah satu desa di Kabupaten Simalungun yang sebagian besar penduduk bermata pencaharian pokok sebagai pemanen teh.Perkebunan PTPN Nusantara IV di desa Sarimattin Kecamatan Pematang Sidamanik merupakan salah satu desa yang sebagian besar penduduk bermata pencaharian pokok sebagai pemanen teh. Struktur pendapatan rumah tangga di Desa Sarimattin Kecamatan Kecamatan Pematang Sidamanik merupakan penjumlahan pendapatan dari pemanenaan teh. Besarnya pendapatan pemanen teh berdampak terhadap kesejahteraan, terutama dalam hal memenuhi kebutuhan rumah tangga. Rumah tangga merupakan unit terkecil dalam masyarakat, jika ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat, maka harus dimulai dari tingkat rumah tangga. Pengeluaran rumah tangga pada dasarnya dikelompokkan pada dua bagian yaitu konsumsi pangan dan konsumsi non pangan yang penggunaan pendapatan menentukan tingkat kesejahteraan. Penentuan lokasi penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive), yaitu di PTPN IV Tobasari Kabupaten Simalungun Propinsi Sumatera Utara. Penelitian ini dilakukan mulai dari bulan Mei 2016 – Juni 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur penerimaan rumah tangga pemanen teh, untuk mengetahui struktur pengeluaran rumah tangga pemanen teh, dan mengetahui pengaruh besarnya penerimaan terhadap besarnya pengeluaran rumah tangga pemanen teh di PTP Nusantara IV (PERSERO) Tobasari Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang meliputi wawancara menggunakan kuisioner sedangkan data sekunder melalui literatur dari kantor kepala desa berupa data monografi desa. Satuan data yang digunakan adalah per bulan. Penerimaan pemanen teh di PTPN IV Unit Tobasari terdiri atas penerimaan usahatani dan non usahatani. Dimana yang menjadi penerimaan usahatani adalah bersumber dari usahatani kopi dan cabai. Sementara non usahatani yaitu ojek, penjahit, pedagang keliling, tukang aspal, pengumpul pasir, tukang sol sepatu, dan pengrajin ulos. Besar penerimaan rata-rata pemanen teh di PTPN IV Unit Tobasari adalah Rp. 2.703.131,- per bulan. Pengeluaran rumah tangga pemanen teh baik usahatani dan non usahatani adalah sebesar Rp. 1.600.000,- per bulan. Sehingga pendapatan yang diperoleh peemetik teh di PTPN IV Unit Tobasari yaitu sebesar Rp. 1.102.417,-per bulan. Uji t pada penelitian menunjukkan bahwa t-hit (1,458) > t tabel (0,6799) artinya berpengaruh nyata terhadap pendapatan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 09 Nov 2017 02:41
Last Modified: 09 Nov 2017 02:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14318

Actions (login required)

View Item View Item