METADISCOURSE MARKERS IN THE UNDERGRADUATE THESIS INTRODUCTION WRITTEN BY ENGLISH EDUCATION STUDENTS OF THE UNIVERSITY OF BENGKULU

Agustinos, Putri and Safnil, Safnil and Syahrial, Syahrial (2018) METADISCOURSE MARKERS IN THE UNDERGRADUATE THESIS INTRODUCTION WRITTEN BY ENGLISH EDUCATION STUDENTS OF THE UNIVERSITY OF BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI PUTRI AGUSTINOS A1B014037.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Agustinos, P. (2018). Metadiscourse Markers In The Undergraduate Thesis Introduction Written By English Department Students In Bengkulu University. Skripsi S1. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis metadiskursus dan kategori metadikursus bahasa yang digunakan dalam pendahuluan skripsi Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan teknis ceklis table dan dokumentasi. Lima belas pendahuluan skripsi bahasa Inggris oleh mahasiswa program studi Bahasa Inggris dianalisa menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif gabungan dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kategori metadiskursus yang secara dominan digunakan oleh mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Inggris adalah metadiskursus interaktif. Dan bentuk metadiskursus yang secara dominan digunakkan oleh mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Inggris adalah metadiskursus transisi. Akan tetapi, penggunaan metadiskursus mahasiswa program studi Bahasa Inggris masih terbatas pada penggunaan and, or dan but. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah baik dari segi kategori maupun bentuk metadiskursus yang digunakan dalam tulisan mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Inggris dianggap baik sesuai dengan penelitian sebelumnya dalam ranah akademik tertulis. Sangat dianjurkan bagi instruktur program Pendidikan Bahasa Inggris untuk memasukkan materi metadiskursus dalam berbagai topik terpadu mata pelajaran menulis seperti Report Writing, Academic Writing, dan Discourse Analysis. Peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti lebih jauh terkait penggunaan metadiskursus yang tepat oleh mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Inggris dalam pendahuluan skripsi sarjana yang akan mengarah pada hasil temuan kontributif dalam ranah metadiskursus. Kata Kunci: Pendahuluan skripsi sarjana, metadiskursus, mahasiswa Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:20
Last Modified: 08 Aug 2023 02:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14318

Actions (login required)

View Item View Item