THE COMPARATIVE STUDY BETWEEN READING STRATEGIES USED BY SUCCESSFUL AND UNSUCCESSFUL STUDENTS (The Sixth Semester Students of English Study Program University of Bengkulu 2015/2016 Academic Years)

Gustiana, Putri Amanda and Afriazi, Rudi and Hilda, Puspita (2018) THE COMPARATIVE STUDY BETWEEN READING STRATEGIES USED BY SUCCESSFUL AND UNSUCCESSFUL STUDENTS (The Sixth Semester Students of English Study Program University of Bengkulu 2015/2016 Academic Years). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI PUTRI AMANDA GUSTIANA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Gustiana, Putri Amanda (2018). Penelitian perbandingan antara Strategi Belajar membaca yang digunakan oleh Mahasiswa yang sukses dan tidak sukses Bahasa Inggris. Skripsi. Bengkulu: Universitas Bengkulu. Pembimbing Utama: : Drs. Rudi Afriazi. M.Ed, Pembimbing Pendamping Dra. Hilda Puspita, Dip. TESL M.A. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi-stategi yang digunakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dalam belajar membaca Bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model penelitian perbandingan. Populasi dalam penelitian ini adalah 74 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Bengkulu tahun akademik 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah 74 mahasiswa yang terdiri dari 59 mahasiswa sukses dan 15 mahasiswa tidak sukses. Dan itu merupakan semua dari total populasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Angket tersebut terdri dari 45 pernyataan tentang strategi belajar membaca bahasa Inggris yang berdasarkan teori dari Oxford (1990) yang terdiri dari enam kategori dari strategi membaca Bahasa Inggris. Keenam kategori tersebut yaitu, strategi terkait ingatan, metakognitif, kognitif, kompensasi, afektif dan social. Instrument yang digunakan pada penelitian ini merupakan adoptasi dari angket Tabehinejad(2015). Sedangkan instrument dokumentasi merupakan transkrip nilai mahasiswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa antara mahasiswa yang tidak sukses dan sukses di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menggunakan seluruh kategori dari strategi membaca bahasa Inggris tersebut. Strategi yang paling sering digunakan oleh mahasiswa tidak sukses dalam belajar membaca bahasa Inggris adalah strategi kognitif dan sosial. Sedangkan Strategi yang paling sering digunakan oleh mahasiswa sukses dalam belajar membaca bahasa Inggris adalah strategi sosial. Kata kunci: Strategi Belajar membaca Bahasa Inggris, Mahasiswa tidak sukses, Mahasiswa sukses

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:21
Last Modified: 08 Aug 2023 02:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14319

Actions (login required)

View Item View Item